Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Tanaman yang Banyak Dijumpai di Inggris

Kompas.com - 29/12/2022, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Inggris tidak hanya dikenal dengan Big Ben atau bangunan bersejarah lainnya, negara ini juga sangat kaya akan flora dan faunanya.

Flora adalah sebutan untuk tumbuhan atau tanaman yang di suatu habitat. Sedangkan fauna merupakan istilah untuk hewan atau binatang.

Kira-kira apa saja ya jenis tanaman yang banyak dijumpai di Inggris?

Dikutip dari situs Project Britain, Inggris dahulunya tertutup hutan sebagai vegetasi alami asal negara ini.

Adapun lima jenis tanaman yang banyak dijumpai di Inggris adalah:

  • Oak
  • Beech
  • Birch
  • Elm
  • Bluebells.

Baca juga: Kondisi Alam dan Penduduk Negara Inggris

Oak (pohon Ek)

Pemandangan luar rumah Dominic Good sehari setelah pohon ek berusia 400 tahun di taman ditumbangkan oleh Badai Eunice, di Stondon Massey, dekat Brentwood, Essex, Inggris, Sabtu 19 Februari 2022.AP PHOTO/NICHOLAS T ANSELL Pemandangan luar rumah Dominic Good sehari setelah pohon ek berusia 400 tahun di taman ditumbangkan oleh Badai Eunice, di Stondon Massey, dekat Brentwood, Essex, Inggris, Sabtu 19 Februari 2022.

Dilansir dari situs Encyclopaedia Britannica, oak adalah spesies pohon hias dan kayu yang termasuk dalam keluarga beech (Fagaceae).

Biasanya pepohonan ini tersebar di zona beriklim utara (cenderung dingin) serta dataran tinggi di kawasan tropis.

Beech

Pohon Beech adalah salah satu jenis tanaman yang banyak dijumpai di Inggris.Canva.com Pohon Beech adalah salah satu jenis tanaman yang banyak dijumpai di Inggris.

Sama seperti pohon Ek, beech juga termasuk keluarga Fagaceae. Pohon ini lazim dijumpai di kawasan beriklim sedang dan subtropis di Belahan Bumi Utara.

Kayunya yang berwarna cokelat agak kemerahan, ternyata banyak dimanfaatkan sebagai perkakas, seperti gagang alat serta kontainer pengiriman.

Baca juga: Iklim Negara Inggris

Birch

Pohon Birch banyak dijumpai di InggrisCanva.com Pohon Birch banyak dijumpai di Inggris

Jenis tanaman yang banyak dijumpai di Inggris adalah pohon Birch. Adalah pohon hias dan kayu berumur pendek dari keluarga Betulaceae.

Pepohonan ini banyak tersebar di kawasan sejuk Belahan Bumi Utara. Di Inggris, ada dua jenis pohon Birch yang paling lazim ditemukan, yakni:

  • Silver (Betula pendula)
  • Downy (Betula pubescens).

Elm

Pohon Elm adalah salah stau jenis tanaman yang banyak dijumpai di Inggris.Canva.com Pohon Elm adalah salah stau jenis tanaman yang banyak dijumpai di Inggris.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com