Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enkripsi: Pengertian dan Manfaatnya

Kompas.com - 26/01/2023, 16:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Dalam sunia digital, dikenal istilah enkripsi. Apa yang dimaksud dengan enkripsi? Dan apa manfaat enkripsi? Untuk mengetahui jawabannya, simaklah penjelasan berikut!

Pengertian enskripsi

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, enkripsi atau penyandian adalah proses penyaman informasi atau data menjadi suatu kode yang tidak dapat dipahami oleh orang yang tidak berwenang.

Di mana enkripsi mengubah pesan asli yang dapat dibaca manusia menjadi suatu teks tampak seperti data acak dan tidak dapat dibaca dengan mudah.

Pesan asli yang telah dilakukan proses enkripsi disebut cipertext. Contohnya adalah pesan “hello” yang jika dienkripsi berubah menjadi ciphertext “SNifgNi+uk0=”.

Baca juga: Firewall: Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja

Dilansir dari Cloudflare, meskipun data terenkripsi tampak acak, namun proses enkripsi berlangsung dengan cara yang logis juga dapat diprediksi.

Sehingga, pihak berwenang yang mendapatkan pesan enkripsi dapat mengubah ciphertexts menjadi pesan asli yang dapat dibaca menggunakan kunci kriptografi.

Manfaat enkripsi

Manfaat enkripsi adalah melindungi data, menghindari penyalahgunaan data, dan menjadi privasi.

Baca juga: Apa itu Malware?

Melindungi data

Dilansir dari Cisco, enkripsi adalah alat keamanan yang digunakan untuk mencegah penyadapan data sensitif.

Artinya, enkripsi bisa membantu mencegah perjadinya pencurian dapat, baik saat disimpan dalam file ataupun saat transit di seluruh jaringan komputer.

Menghindari penyalahgunaan data

Manfaat enkripsi selanjutnya adalah menghindari penyalahgunaan data. Data terenkripsi hanya dapat dipahami oleh orang yang berwenang.

Artinya, orang yang tak berhak tidak dapat membaca data terenkripsi dan tidak dapat menyalahgunakannya.

Baca juga: Cara Kerja Firewall

Menjaga privasi

Enkripsi bermanfaat menjaga privasi. Di mana pesan hanya dapat dibaca dan dipahami oleh penerima yang sah, sehingga tidak daoat dibaca orang lain dan privasi tetap terjaga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com