Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Malware?

Kompas.com - 17/10/2020, 10:00 WIB
Ashya Ravika Mahar Rhani ,
Arum Sutrisni Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.comMalware adalah perangkat lunak (software) berbahaya yang merugikan karena dapat merusak komputer dan mencuri identitas pribadi pengguna. Berikut ini penjelasan singkatnya:

Apa itu malware?

Melansir Microsoft, malware adalah singkatan dari malicious software (perangkat lunak berbahaya). Pengertian malware adalah perangkat lunak yang dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, server, atau jaringan komputer.

Pernahkah kamu mendengar serangan malware (malware attack)?

Mengutip Norton, serangan malware terjadi ketika penjahat dunia maya (cybercriminals) membuat perangkat lunak berbahaya yang dipasang di perangkat orang lain tanpa sepengetahuannya.

Baca juga: Apa itu Software?

Tujuan malware adalah untuk mengganggu fungsi komputer, mencuri data, melewati kontrol akses, menyebabkan kerusakan pada aplikasi atau data komputer host.

Selain itu, tujuan lain adalah untuk mendapatkan akses ke informasi pribadi atau untuk merusak perangkat, biasanya untuk keuntungan finansial.

Serangan malware dapat terjadi di semua jenis perangkat dan sistem operasi, termasuk Microsoft, Windows, macOS, Android, dan iOS.

Malware seringkali sulit dideteksi. Perangkat biasanya terinfeksi malware tanpa disadari pengguna. Padahal malware adalah salah satu ancaman utama terhadap informasi dan identitas pribadi pengguna.

Baca juga: Apa itu Brainware?

Jenis malware

Ada berbagai jenis malware. Mengutip Last Line, contoh malware adalah virus, worms, Trojan, ransomware, spyware, adware, rogue software, scareware, keylogger, dan lain-lain.

  • Adware

Adware adalah program yang dirancang untuk menampilkan iklan di komputer, mengarahkan permintaan pencarian pengguna ke situs web periklanan dan mengumpulkan data pemasaran tentang pengguna.

  • Spyware

Sesuai namanya, spyware adalah perangkat lunak yang memata-matai pengguna. Dirancang untuk memantau dan menangkap aktivitas browsing Web dan aktivitas lain pengguna untuk dikirim ke pengiklan.

Meski tidak semua spyware berbahaya tetapi ini kontroversial karena melanggar privasi dan berpotensi disalahgunakan.

Baca juga: 5 Manfaat Internet

  • Virus komputer

Ciri utama virus komputer adalah perangkat lunak berbahaya yang direproduksi oleh program penjahat dunia maya. Biasanya dengan menyerang dan menginfeksi file di sistem target. Virus menargetkan semua jenis file yang dapat dijalankan oleh sistem.

Virus telah ada sejak masa awal komputer. John von Neumann melakukan pekerjaan akademis pertama pada teori program komputer yang mereplikasi diri pada 1949. Contoh pertama virus yang sebenarnya muncul pada 1970-an.

Meski ancaman virus telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir, virus menjadi penyebab kerusakan yang meluas selama bertahun-tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com