Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Brainware?

Kompas.com - 16/10/2020, 14:29 WIB
Ashya Ravika Mahar Rhani ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

Sumber Kominfo

KOMPAS.com - Agar komputer bisa menjalankan fungsinya, dibutuhkan beberapa komponen. Tak cuma perangkatnya yakni hardware dan software, dibutuhkan juga brainware.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, brainware merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk sumber daya manusia (SDM) yang berhubungan dengan sistem komputer.

Brainware dapat diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan juga mengeksplorasi kemampuan dari perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software).

Artinya, secanggih-canggihnya sebuah komputer, jika tidak ada brainware yang mengoperasikannya, maka fungsi dari komputer tidak akan berjalan secara optimal.

Brainware juga sering disebut dengan user, karena merujuk pada orang-orang yang menjalankan atau mengoperasikan komputer.

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penggunaan Komputer

Jenis-jenis brainware

Dalam buku Pemeliharaan Perangkat Komputer (2020) karya Indra Wijaya dkk, pengguna komputer atau brainware dibedakan menjadi beberapa jenis, sebagai berikut:

  • Programer

Seseorang yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam menguasai salah satu atau lebih bahasa pemograman dalam dunia komputer.

Tugas programer adalah membuat dan mempersiapkan program-program yang dapat mendukung sistem komputer yang dirancang. Programer penting jika terjadi hack terhadap database perusahaan.

  • Operator komputer

Operator komputer adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mengoperasikan suatu sistem operasi atau program yang ada di dalam komputer.

Contohnya, membuat dokumen dengan aplikasi Word, membuat presentasi dengan PowerPoint, mengedit serta mengimpan, dan lainnya.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama (1940-1959)

  • Teknisi

Teknisi komputer merupakan seseorang yang memiliki kemampuan dan keahlian untuk merawat atau memperbaiki berbagai jenis masalah yang terjadi pada perangkat komputer.

Teknisi komputer juga memiliki kehalian dan pengetahuan luas tentang trouble shooting dan lainnya untuk mengatasi masalah dalam perangkat komputer.

  • Konsultan

Seorang brainware memiliki pengetahuan dibidang komputer namun biasanya tidak berperan untuk menangani secara langsung, hanya sebagai penasehat.

Bagi sebuah perusahaan ,konsultan ini sangat diperlukan untuk mencari solusi terkait manajemen sistem informasi yang tepat.

  • Trainer

Trainer yaitu seseorang yang memiliki pengetahuan ilmu yang bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan atau mengajar orang lain sesuai dengan bidangnya.

Baca juga: Apa itu Software?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com