Kompas.com - 14/07/2021, 14:21 WIB
Ilutsrasi perangkat keamanan jaringan (anti virus), Firewall freepik.com/macrovectorIlutsrasi perangkat keamanan jaringan (anti virus), Firewall

KOMPAS.com – Data pribadi merupakan privasi yang harus dilindungi, karena bisa disalahgunakan oleh orang lain.

Dalam komputer dan laptop tersimpan banyak sekali data pribadi, dari mulai akun media sosial, akun sekolah, akun pekerjaan, foto, hingga dokumen pribadi yang merupakan privasi.

Adapun laptop dan komputer seringkali tersambung ke jaringan internet. Saat tersambung ke jaringan, pembobolan data oleh orang yang tidak bertanggung jawab sangat sering terjadi. Untuk itu dibuatlah firewall sebagai keamanan.

Dilansir dari Cisco, firewall adalah perangkat keamanan jaringan yang memantau lalu lintas jaringan masuk, keluar, dan memutuskan apakah akan mengizinkan atau memblokir lalu lintas tertentu berdasarkan seperangkat aturan keamanan yang ditentukan.

Dapat dikatakan juga, firewall merupakan sistem keamanan yang dapat melindungi komputer kita dari berbagai ancaman di jaringan internet.

Baca juga: Jenis-Jenis Perangkat Penyimpanan di Sistem Komputer

Firewall yaitu kombinasi antara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang menjadi garis pertahanan pertama keamanan jaringan antara jaringan internal yang aman dengan jaringan internet yang tidak amat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Manfaat firewall

Manfaat firewall, yaitu:

  • Mengatur lalu lintas jaringan
  • Mencatat lalu lintas jaringan
  • Mencatat lalu lintas jaringan
  • Mengatur autentifikasi akses data
  • Memblokir lalu lintas yang tidak aman
  • Memblokir program jahat yang bisa menginfeksi komputer
  • Menghindari peretasan dan pembobolan data
  • Melindungi informasi pribadi dari pengguna tidak sah
  • Menjaga kemanan jaringan internal

Cara kerja firewall

Dilansir dari GeeksforGeeks, firewall memantau lalu lintas berdasarkan seperangkat aturan keamanan yang ditentukan, ia menerima, menolak, atau menjatuhkan (drop) lalu lintas tertentu. Firewall mengalisis data yang masuk dan keluar sesuai dengan kebijakan default.

Baca juga: Langkah-Langkah Sebelum Menginstal Komputer

Misalnya dalam suatu perusahaan yang seluruh komputernya terhubung dengan jaringan LAN. Firewall akan menirima izin akses karyawan departemen informatika dapat masuk sebagai server, sedangkan izin akses karyawan departemen lainnya untuk masuk ke server perusahaan akan ditolak.

Firewall juga bisa menjatuhkan atau memblokir aktivitas tidak wajar yang masuk ke jaringan internal, dengan begitu data internal akan tetap aman.

Dilansir dari Compuquip Cybersecurity, firewall membuat jaringan sulit untuk diretas dengan membuat pertahanan lebih dalam yang mengisolasi berbagai aset.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.