Kompas.com - 17/10/2020, 10:00 WIB
Ilustrasi malware. Malware adalah perangkat lunak berbahaya seperti virus, worm, Trojan, dan lain-lain. FREEPIK/RAWPIXEL.COMIlustrasi malware. Malware adalah perangkat lunak berbahaya seperti virus, worm, Trojan, dan lain-lain.

KOMPAS.comMalware adalah perangkat lunak (software) berbahaya yang merugikan karena dapat merusak komputer dan mencuri identitas pribadi pengguna. Berikut ini penjelasan singkatnya:

Apa itu malware?

Melansir Microsoft, malware adalah singkatan dari malicious software (perangkat lunak berbahaya). Pengertian malware adalah perangkat lunak yang dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, server, atau jaringan komputer.

Pernahkah kamu mendengar serangan malware (malware attack)?

Mengutip Norton, serangan malware terjadi ketika penjahat dunia maya (cybercriminals) membuat perangkat lunak berbahaya yang dipasang di perangkat orang lain tanpa sepengetahuannya.

Baca juga: Apa itu Software?

Tujuan malware adalah untuk mengganggu fungsi komputer, mencuri data, melewati kontrol akses, menyebabkan kerusakan pada aplikasi atau data komputer host.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, tujuan lain adalah untuk mendapatkan akses ke informasi pribadi atau untuk merusak perangkat, biasanya untuk keuntungan finansial.

Serangan malware dapat terjadi di semua jenis perangkat dan sistem operasi, termasuk Microsoft, Windows, macOS, Android, dan iOS.

Malware seringkali sulit dideteksi. Perangkat biasanya terinfeksi malware tanpa disadari pengguna. Padahal malware adalah salah satu ancaman utama terhadap informasi dan identitas pribadi pengguna.

Baca juga: Apa itu Brainware?

Jenis malware

Ada berbagai jenis malware. Mengutip Last Line, contoh malware adalah virus, worms, Trojan, ransomware, spyware, adware, rogue software, scareware, keylogger, dan lain-lain.

  • Adware

Adware adalah program yang dirancang untuk menampilkan iklan di komputer, mengarahkan permintaan pencarian pengguna ke situs web periklanan dan mengumpulkan data pemasaran tentang pengguna.

  • Spyware

Sesuai namanya, spyware adalah perangkat lunak yang memata-matai pengguna. Dirancang untuk memantau dan menangkap aktivitas browsing Web dan aktivitas lain pengguna untuk dikirim ke pengiklan.

Meski tidak semua spyware berbahaya tetapi ini kontroversial karena melanggar privasi dan berpotensi disalahgunakan.

Baca juga: 5 Manfaat Internet

  • Virus komputer

Ciri utama virus komputer adalah perangkat lunak berbahaya yang direproduksi oleh program penjahat dunia maya. Biasanya dengan menyerang dan menginfeksi file di sistem target. Virus menargetkan semua jenis file yang dapat dijalankan oleh sistem.

Virus telah ada sejak masa awal komputer. John von Neumann melakukan pekerjaan akademis pertama pada teori program komputer yang mereplikasi diri pada 1949. Contoh pertama virus yang sebenarnya muncul pada 1970-an.

Meski ancaman virus telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir, virus menjadi penyebab kerusakan yang meluas selama bertahun-tahun.

Selain mencuri dan merusak data, virus menghabiskan sumber daya sistem, sering membuat sistem host menjadi tidak efektif atau bahkan tidak berguna.

Karakteristik umum virus adalah tersembunyi, sehingga sulit dideteksi. Virus datang tanpa diundang, bersembunyi secara rahasia, berkembang biak dengan menginfeksi file lain saat dijalankan, dan biasanya bekerja dalam ketidakjelasan.

Baca juga: Mengenal ISP (Internet Service Provider)

  • Worm

Seperti virus, worm menular dan didesain untuk mereplikasi dirinya sendiri. Tetapi, worm mereplikasi tanpa menargetkan dan menginfeksi file tertentu di komputer.

Worm dapat menggunakan jaringan komputer untuk menyebar, memanfaatkan kegagalan keamanan pada komputer target, mencuri dan menghapus data.

  • Trojan

Trojan adalah program berbahaya yang salah merepresentasikan diri seolah berguna. Trojan memungkinkan penyerang mengakses tanpa izin ke komputer korban.

Akibatnya, penjahat dunia maya dapat mengakses informasi pribadi pengguna, seperti alamat IP, kata sandi, dan mencuri informasi keuangan pengguna.

  • Ransomware

Ransomware adalah jenis malware yang mengunci data di komputer korban. Penjahat dunia maya memanfaatkan ransomware untuk tujuan uang. Pembayaran sering diminta dalam mata uang virtual seperti Bitcoin sehingga identitas penjahat dunia maya tetap tersembunyi.

Baca juga: Cara untuk Mengakses Internet

Dampak malware

Dilansir dari Clear Path, dampak malware terhadap komputer antara lain:

  • Mengganggu operasi.
  • Mencuri informasi penting.
  • Mengizinkan akses tidak sah (ilegal) ke sumber daya sistem.
  • Memperlambat kecepatan komputer atau browser web.
  • Menciptakan masalah saat menghubungkan ke jaringan.
  • Sering mengakibatkan freezing atau crashing.

Untuk itu diperlukan cara melindungi komputer dari malware, yaitu:

  • Instal software Anti-Virus & Firewall untuk meningkatkan keamanan komputer.
  • Selalu perbarui software dan sistem operasi.
  • Berhati-hati saat megunduh atau membuka file dan selalu verifikasi sumber.
  • Hindari mengklik pop-up karena berisiko malware terpasang ke sistem untuk membajak browser dan mencuri informasi pribadi.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.