Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Historiografi: Pengertian dan Jenisnya

Kompas.com - 21/06/2022, 07:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Historiografi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan metode penelitian sejarah.

Istilah historiografi akrab pula disebut penulisan sejarah. Dibanding penulisan ilmiah, historiografi dipandang cukup sulit.

Sebab penulisan sejarah tak hanya mengandalkan informasi dan argumentasi saja, melainkan harus terikat pada aturan logika serta bukti empiris.

Pengertian historiografi

Menurut Sumargono dalam buku Metodologi Penelitian Sejarah (2021), historiografi adalah istilah untuk menyebutkan langkah terakhir dalam metode penelitian sejarah.

Historiografi terbentuk dari kata Yunani, yaitu historia dan grafien. Grafien artinya gambaran atau tulisan, sementara historia berarti sejarah.

Baca juga: Historiografi Tradisional: Ciri-Ciri dan Contohnya

Pengertian historiografi adalah ilmu yang mempelajari metode penggambaran atau penulisan sejarah, seperti asal-usul, riwayat, atau pengetahuan tentang peristiwa di masa lampau.

Sebelum melakukan penulisan sejarah atau historiografi, sejarawan harus melakukan riset terlebih dahulu yang bisa diambil dari berbagai sumber, seperti buku atau artikel.

Jenis historiografi

Ada empat jenis historiografi, yakni historiografi tradisional, kolonial, nasional, dan modern. Berikut penjelasannya:

Historiografi tradisional

Dikutip dari buku Historiografi Islam: Konsepsi dan Asas Epistemologi Ilmu Sejarah dalam Islam (2018) oleh Fajriudin, historiografi tradisional adalah karya tulis sejarah yang dibuat oleh pujangga kerajaan.

Adapun pujangga yang dimaksud berasal dari Kerajaan Hindu-Buddha maupun Kesultanan Islam yang pernah ada di Nusantara.

Baca juga: Historiografi Modern: Ciri-Ciri, Kelebihan, dan Kekurangan

Historiografi kolonial

Merupakan karya sejarah yang ditulis pada masa pemerintahan kolonial di Indonesia, yakni sejak zaman VOC hingga berakhirnya masa pemerintahan Hindia Belanda.

Penulisan sejarah ini dilakukan oleh sejarawan kolonial. Fokus utamanya adalah kehidupan warga Belanda atau Eropa di Hindia Belanda.

Historiografi nasional

Adalah penulisan sejarah yang dilakukan oleh sejarawan Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Historiografi ini ditujukan untuk membangun karakter bangsa agar sesuai visi negara Indonesia. Adapun penulisan sejarah ini menggunakan sudut pandang Indonesia-sentris.

Historiografi modern

Merupakan penulisan sejarah yang menggunakan metodologi analisis kritis. Ini berpedoman pada prinsip sejarah sebagai ilmu.

Dalam buku Menelaah Historiografi Nasional Indonesia: Kajian Kritis terhadap Buku Indonesia dalam Arus Sejarah (2016) oleh Ahmad Choirul Rofiq, dituliskan bahwa historiografi modern sudah lebih dahulu berkembang di Barat (Eropa).

Jenis historiografi ini sangat mementingkan fakta. Sebab berdasarkan temuan fakta yang ada, sebuah sejarah bisa diterima dengan benar dan sesuai akal manusia.

Baca juga: Langkah-langkah Metode Penelitian Sejarah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com