Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolase: Pengertian dan Cara Membuatnya

Kompas.com - 26/04/2022, 08:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Teknik melukis dengan cara memotong kertas yang kemudian ditempelkan pada sebuah obyek tertentu disebut kolase.

Dalam pembuatan seni rupa, kolase termasuk teknik tempel, selain mozaik dan montase. Perbedaan ketiganya terletak pada bahan yang digunakan.

Biasanya montase terbuat dari banyak gambar, kemudian membentuk satu tema. Sementara mozaik berasal dari kepingan bahan kecil. Sedangkan kolase hanya menggunakan satu jenis bahan saja.

Pengertian kolase

Istilah kolase berasal dari bahasa Prancis coller, artinya menempelkan memakai pelekat.

Dikutip dari buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa (2020) karangan Sofyan Salam dkk, kolase adalah teknik menempel potongan, pecahan, atau kepingan material untuk dibuat serta dibentuk menjadi sebuah karya seni rupa.

Pada karya seni kolase, hasil potongan pecahan, serta kepingan tersebut dapat langsung ditempelkan menjadi bagian dari obyek yang digambarkan.

Baca juga: Perbedaan Karya Seni Kolase, Montase dan Mozaik

Bahan material yang digunakan dalam teknik kolase tidak harus berupa kertas, melainkan bisa berasal dari kayu, dedaunan, kerang, kaca, dan lain sebagainya.

Cara membuat kolase

Menurut Yunisrul dalam buku Pembelajaran Seni Rupa di SD (2020), bahan dan alat yang diperlukan dalam teknik kolase tidak jauh berbeda dengan teknik melukis pada umumnya.

Hanya saja teknik kolase membutuhkan penempel dan perekat untuk membuatnya.

Dilansir dari buku Membuat Kolase (2005) oleh Sue Nicholson, berikut beberapa cara membuat kolase:

Melipat

Apabila menggunakan kertas atau kain, teknik kolase bisa dilakukan dengan melipatnya sesuai bentuk yang diinginkan. Setelah itu, dilem atau dijahit.

Meremas

Guna menghasilkan efek tiga dimensi dalam hasil lukisan, teknik kolase dapat diaplikasikan dengan meremas kertas atau kain, kemudian dilem.

Contohnya untuk membuat ilustrasi pohon bisa dilakukan dengan meremas kertas berwarna hijau dan menempelnya menggunakan lem.

Baca juga: Karya Seni Montase dan Tekniknya

Memilin

Untuk menghasilkan bentuk gulungan, bisa dengan memilin kain atau kertas, dan kemudian dilem.

Menganyam

Teknik kolase juga dapat dilakukan dengan menganyam. Contohnya menganyam berbagai warna kain dan kertas menjadi satu untaian tebal.

Menggunting

Cara membuat kolase juga bisa dengan menggunting. Misalnya melubangi kain atau kertas untuk menghasilkan bentuk tertentu dan menempelkannya pada kertas atau bahan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com