Kompas.com - 01/04/2021, 13:40 WIB

KOMPAS.com - Kolase, montase dan mozaik tergolong dalam karya seni rupa. Pembuatannya dilakukan dengan memadukan seni kriya, dekorasi dan seni gambar.

Karya seni kolase, montase dan mozaik sering dijadikan hiasan atau pajangan untuk mempercantik ruangan. Tiga jenis karya seni ini merupakan bagian dari seni rupa dua dimensi.

Dalam proses pembuatannya, kolase, montase dan mozaik memiliki persamaan, yaitu dengan ditempel dan disusun, sehingga menghasilkan karya seni rupa yang indah.

Di balik persamaannya, tiga jenis karya seni ini memiliki perbedaan mencolok, khususnya dari segi bahan yang digunakan. Apa sajakah perbedaan kolase, montase dan mozaik?

Baca juga: Seni Kolase dan Caranya

Karya seni kolase

Menurut Chotimatu Rohmaniah dan Ramadhan dalam buku Referensi Gambar Mewarnai, Kolase, Montase, Mozaik dan Aplikasi (2019), kolase adalah pembuatan karya seni rupa dengan cara menempel berbagai bahan yang memiliki corak khas.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan karya seni kolase bisa berasal dari alam dan olahan. Contohnya kerang, biji-bijian, ranting daun, bunga, bebatuan, kayu, kain flanel, plastik, karet, logam, dan lain sebagainya.

Karya seni montase

Montase adalah pembuatan karya seni rupa dengan cara menempel dan mengkombinasikan gambar jadi dari banyak sumber, sehingga menjadi karya seni rupa yang indah.

Apa yang dimaksud dengan gambar jadi? Gambar jadi berasal dari potongan kertas yang sudah tidak terpakai. Gambar ini bisa didapat dari kertas koran bekas, majalah bekas, buku bekas, kalender bekas, dan lain sebagainya.

Karya seni mozaik

Mozaik adalah pembuatan karya seni rupa dengan cara menempelkan potongan bahan berukuran kecil, yang mana bahannya bisa lebih dari satu jenis.

Contoh bahannya ialah pecahan kaca, keramik, batu, kepingan kulit telur, kepingan daun, kepingan kayu, dan bahan lainnya. Bahan ini akan ditempel di atas kertas, kanvas atau media lainnya.

Baca juga: Karya Seni Montase dan Tekniknya

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.