Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teori Mimesis: Pengertian dan Contohnya dalam Karya Seni

Kompas.com - 13/04/2022, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Teori yang mengatakan seni merupakan tiruan obyek atau benda yang ada di alam dan sudah ada sebelumnya, merupakan pengertian dari teori mimesis.

Mimesis dikemukakan oleh seorang filsuf ternama dunia bernama Plato. Ia menggunakan istilah "mimesis" sebagai bentuk representasi atau imitasi.

Pengertian teori mimesis

Dikutip dari buku Sosiologi Sastra (2012) oleh Rizky Bambang, mimesis merupakan istilah dalam bahasa Yunani, berarti tiruan.

Teori mimesis berpandangan bahwa karya seni maupun karya sastra merupakan bentuk tiruan alam atau kehidupan manusia.

Plato berpendapat bahwa semua manusia yang ada di dunia nyata ini merupakan tiruan dari dunia gagasan. Adapun dunia tersebut berisikan gagasan mengenai manusia.

Begitu pula halnya dengan benda-benda yang bisa kita jumpai dalam kehidupan saat ini, seperti meja, pohon, kursi, bunga, dan sebagainya, juga merupakan tiruan dari dunia gagasan tersebut.

Baca juga: Jenis Kritik Karya Seni Rupa

Menurut Tri Aru Wiratno dalam buku Kritik Seni Rupa Berbasis Budaya Kritis (2020), dalam teori mimesis, Plato mengatakan bahwa seni merupakan salinan alam.

Salinan bisa berarti seni adalah presentasi ulang mengenai alam, atau sebagai bentuk interpretasi alam.

Selanjutnya, Plato menngatakan bahwa para seniman membuat salinan dari alam, tetapi alam merupakan salinan dari bentuk yang agung. Ini berkaitan dengan dunia gagasan sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.

Dilansir dari buku Pemahaman Perkembangan Teori Sastra (2020) karangan Mohammad Angga Saputro, para penganut teori mimesis pada prinsipnya meyakini bahwa karya seni adalah pencerminan, peniruan, atau pembayangan realitas.

Sebab, lewat karya seni atau karya sastra yang dibuat, sebenarnya karya tersebut berusaha mencerminkan atau menggambarkan apa yang terjadi di kehidupan realitas.

Contoh teori mimesis dalam seni

Prinsip utama teori mimesis adalah keyakinan bahwa segala hal yang dibuat seniman, merupakan bentuk tiruan dari alam.

Baca juga: Ciri-ciri Umum Karya Seni Rupa Daerah

Contohnya seorang seniman membuat lukisan tentang pemandangan alam beserta aktivitas manusia di dalamnya.

Para penganut teori mimesis percaya bahwa hasil karya seniman tersebut merupakan representasi dari kondisi alam yang sebenarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com