Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Etika Lingkungan: Pengertian dan Prinsipnya

Kompas.com - 04/04/2022, 09:30 WIB
Aldila Daradinanti,
Vanya Karunia Mulia Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.comEtika lingkungan menjadi hal yang perlu diterapkan dalam upaya melestarikan dan menyelamatkan alam, lngkungan, dan sumber daya.

Ada banyak masalah lingkungan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti pencemaran serta kerusakan, banjir, tanah longsor, dan lain sebagainya. Mayoritas masalah tersebut disebabkan oleh manusia.

Oleh sebab itu, etika lingkungan sangat penting dan perlu untuk diketahui. Apa itu etika lingkungan?

Pengertian etika lingkungan

Dilansir dari Standford Encyclopedia of Philosophy, etika lingkungan adalah disiplin dalam filsafat yang mempelajari hubungan moral antara manusia dengan lingkungan dan seisinya.

Istilah etika berasal dari bahasa Yunani, ethos berarti norma, nilai, kaidah, dan ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik.

Dari segi etimologis atau asal kata, istilah etika berasal dari bahasa Latin, yakni ethicus artinya kebiasaan. Sesuatu dianggap etis atau baik, apabila sesuai kebiasaan masyarakat.

Baca juga: Sanitasi: Pengertian dan Tujuannya

Adanya etika membuat manusia bisa membedakan mana yang baik atau buruk untuk dilakukan. Begitu pun dalam hubungannya dengan lingkungan.

Dikutip dari buku Pengantar Etika Lingkungan dan Kearifan Lokal (2013) karya Muh. Aris Marfai, etika lingkungan disebut juga keberlanjutan ekologi yang luas. Adalah alternatif wacana menyelamatkan lingkungan, sumber daya alam, dan ekosistem.

Prinsip etika lingkungan

Menurut A. Sonny Keraf dalam buku Etika Lingkungan (2010), ada sembilan prinsip etika lingkungan, yakni:

Sikap hormat kepada alam

Sebagai bagian dari alam, manusia berkewajiban untuk senantiasa menghormati alam dan semua makhluk hidup lainnya. Misal, tidak mengganggu hewan liar yang ada di jalanan.

Sikap tanggung jawab

Manusia dituntut untuk menjaga, melestarikan, memelihara, serta menyelamatkan alam semesta ini sebagai milik bersama dengan rasa kepemilikan yang tinggi. Contohnya melakukan kerja bakti atau gotong royong untuk membersihkan lingkungan tempat tinggal.

Solidaritas kosmis

Prinsip ini mendorong manusia untuk menyelamatkan alam semesta beserta isinya, karena memiliki nilai yang sama dengan manusia.

Baca juga: Macam-macam Sanitasi dan Contohnya

Prinsip ini berfungsi mengontrol perilaku dalam batas keseimbangan serta mendorong manusia untuk mengambil kebijakan yang berpihak pada alam dan lingkungan. Misalnya tidak mengeksploitasi sumber daya alam.

Kasih sayang dan kepedulian kepada alam

Merupakan prinsip moral satu arah. Artinya manusia bertindak untuk mengharapkan balasan apa pun dari alam. Sehingga segala tindakan yang dilakukan tidak semata-mata untuk kepentingan pribadi, melainkan untuk kepentingan alam. 

Contohnya melakukan reboisasi atau penghijauan agar lingkungan memiliki daya serap air yang baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com