Kompas.com - 01/04/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.comManusia purba diperkirakan muncul sejak dua juta setengah tahun yang lalu. Mereka kemudian menyebar dan banyak tinggal di tepian sungai. Mengapa manusia purba itu banyak yang tinggal di tepi sungai?

Fosil dan peninggalan manusia purba banyak ditemukan di tepi sungai. Salah satunya adalah permukiman manusia purba paling awal di Irlandia.

Dilansir dari BBC, permukiman manusia purba tertua di Irlandia ditemukan di tepi Sungai Bann Gunung Sandel Irlandia. Pada saat itu, manusia purba bertahan hidup dengan berburu dan mengumpulkan. Tepi sungai adalah lingkungan yang tepat untuk ditinggali.

Sungai menyediakan air minum

Semua makhluk hidup tidak terkecuali manusia, membutuhkan air untuk minum. Manusia purba banyak tinggal di tepi sungai karena sungai menyediakan air untuk diminum.

Baca juga: Alasan Manusia Purba Membuat Peralatan dari Batu, Kayu, dan Tulang

Air sungai tawar dan bersih, tidak seperti air laut yang asin dan tidak bisa diminum. Sungai memberikan persediaan air minum tak terbatas. Jika manusia tidak hidup di sekitar sungai, akan sulit menemukan sumber air terutama ketika musim kemarau tiba.

Sungai menyediakan air untuk memasak

Selain untuk minum, manusia purba menggunakan air untuk memasak. Pada awalnya manusia purba memakan makanannya secara mentah.

Namun, mereka kemudian menemukan berbagai metode untuk memasak, salah satunya adalah merebus makanan dengan air.

Dilansir dari Smithsonian Magazine, manusia purba pada zaman batu kerap merebus telur ikan segar menggunakan air dan juga membuat kaldu ikan.

Baca juga: Bagaimana Manusia Purba Menyikapi Fenomena Alam yang keras?

Sungai menyediakan sumber makanan

Seperti yang kita ketahui, manusia purba paling awal mencari makanan dengan cara berburu dan mengumpulkan. Salah satu sumber makanan manusia purba disediakan oleh sungai, yaitu ikan.

Dilansir dari New Scientist, ikan merupakan sumber protein dan lemak manusia purba yang penting ketika makanan lain tidak tersedia. Ikan cenderung lebih mudah ditangkap darpada hewan daratan.

Sarana transportasi

Manusia purba tidak berdiam di satu tempat, mereka bermigrasi ke seluruh penjuru dunia. Manusia purba paling awal bermigrasi dengan cara berjalan kaki. Namun, manusia purba perlahan mengembangkan kecerdasan.

Mereka akhirnya menemukan cara bermigrasi yang muda, yaitu menggunakan perahu. Para ilmuan memperkirakan manusia purba mulai menggunakan perahu kano untuk mengarungi sungai sekitar zaman neolitik.

Sehingga, sungai berperan penting sebagai sarana transportasi bagi manusia purba.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.