Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Museum dan Jenisnya

Kompas.com - 24/03/2022, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Museum digunakan untuk berbagai kegiatan. Mulai dari rekreasi atau hiburan hingga kepentingan edukasi serta penelitian.

Secara garis besar, museum difungsikan untuk penyimpanan, perawatan, pengamanan, pemanfaatan, serta pelestarian hasil budaya.

Pengertian museum

Pemerintah Indonesia mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan museum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2015 tentang Museum.

Pengertian museum berdasarkan PP No. 66 Tahun 2015 adalah lembaga yang berfungsi melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi, serta mengomunikasikannya kepada masyarakat.

Menurut Adira Damai Reforma, dkk dalam buku Pengembangan Museum Karst sebagai Sentra Pariwisata di Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri (2022), secara etimologis, museum berasal dari bahasa Yunani mouseion.

Dalam bahasa Inggris, mouseion diartikan sebagai seat of muses, artinya tempat yang ditujukan bagi sebuah lembaga filosofi, atau tempat melakukan kontemplasi.

Baca juga: Mengapa Museum Nasional Disebut Museum Gajah?

Mouseion kemudian diterjemahkan dalam bahasa Latin menjadi musea, berarti tempat melakukan diskusi filosofi.

Dilansir dari situs Sistem Registrasi Museum Kemdikbud, berdasarkan Konferensi Umum ICOM (International Council of Museums) ke-22 di Wina, Austria, berikut pengertian museum:

"Museum adalah lembaga bersifat tetap, tidak mencari keuntungan, melayani masyarakat dan perkembangannya, terbuka untuk umum, yang mengumpulkan, merawat, meneliti, mengomunikasikan, dan memamerkan warisan budaya dan lingkungannya yang bersifat kebendaan dan takbenda, untuk tujuan pengkajian, pendidikan, dan kesenangan."

Jenis museum

Dikutip dari buku Daya Tarik Wisata Museum Sejarah dan Perkembangannya di Ubud Bali (2018) karya Ida Bagus Kade Subhiksu dan I Gusti Bagus Rai Utama, secara umum, pembagian jenis museum didasarkan pada koleksi yang dimiliki serta kedudukannya.

Jenis museum berdasarkan koleksi yang dimiliki

  • Museum umum

Adalah jenis museum yang mengoleksi bukti material manusia dan atau lingkungannya yang berkaitan dengan berbagai cabang seni, disiplin ilmu, serta teknologi.

  • Museum khusus

Adalah jenis museum yang hanya memiliki satu koleksi. Contohnya isi museum hanya terdiri atas satu cabang seni, atau satu disiplin ilmu, atau satu cabang teknologi.

Baca juga: Museum Purbakala Sangiran, Tempat Belajar Evolusi Manusia

Jenis museum berdasarkan kedudukannya

  • Museum nasional

Adalah jenis museum yang koleksinya bernilai nasional. Karena koleksi museum ini berkaitan atau mewakili bukti material dari seluruh wilayah Indonesia.

  • Museum provinsi

Adalah jenis museum yang koleksinya berasal, mewakili, atau berkaitan dengan suatu wilayah provinsi di mana museum itu berdiri.

  • Museum lokal

Adalah jenis museum yang koleksinya berasal, mewakili, atau berkaitan dengan kabupaten atau kota madya tempat museum itu berada.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com