Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logam Alkali Tanah: Unsur dan Sifat-sifatnya

Kompas.com - 19/01/2022, 16:59 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.com – Unsur-unsur dalam tabel periodik disusun berdasarkan sifat-sifat tertentu, membentuk suatu golongan. Salah satu golongan unsur yang sering digunakan manusia adalah logam alkali tanah.

Unsur-unsur logam alkali tanah

Pada zaman dahulu, ilmuan dibuat bingung oleh penemuan suatu zat yang berbeda dari logam biasanya. Zat ini tidak larut dalam air dan juga ditemukan dalam bentuk padat di bawah tanah. Zat tersebut ternyata adalah unsur berupa senyawa logam dan oksigen.

Dilansir dari Thought Co, pada tahun 1780 seorang ilmuan bernama Antoine Lavoisier menamakan zat tersebut dengan alkali logam. Logam alkali tanah adalah unsur golongan 2a dalam tabel periodik (disebelah logam alkali). Logam alkali tanah mencakup unsur:

  • Berilium (Be)
  • Magnesium (Mg)
  • Kalsium (Ca)
  • Strontium (Sr)
  • Barium (Ba)
  • Radium (Ra)

Baca juga: Tabel Periodik

Sifat-sifat logam alkali tanah

Penampilan fisik

Unsur-unsur logam alkali tanah memiliki penampilan fisik yang mencolok. Logam alkali tanah memiliki warna putih keperakan dan berkilauan.

Titik leleh dan titik didih

Unsur-unsur golongan alkali tanah memiliki jari-jari yang besar, sehingga ikatan atomnya cenderung lebih lemah. Hal tersebut menyebabkan logam alkali tanah memiliki titik didih dan titik leleh yang rendah pula.

Kepadatan rendah

Ikatan atom yang lemah juga mengakibatkan logam alkali tanah memiliki kepadatan yang rendah. Sehingga, logam alkali tanah cenderung lebih lunak. Namun, tetap lebih keras jika dibandingkan dengan unsur-unsur logam alkali.

Energi ionisasi rendah

Dilansir dari Lumen Learning, logam alkali tanah memiliki dua elektron di kulit valensinya, sehingga mereka kehilangan dua elektron untuk membentuk kation dengan muatan 2+. Alkali tanah juga memiliki jari-jari atom yang relatif besar, sehingga menyebabkan energi ionisasinya relatif kecil.

Baca juga: Logam Alkali: Unsur dan Sifat-sifatnya

Reaktivitas tinggi

Logam alkali tanah memiliki sifat yang reaktif, namun tidak terlalu reaktif jika dibandingkan dengan logam alkali. Reaktivitas logam alkali meningkat dari unsur yang paling atas ke unsur yang paling bawah.

Dilansir dari ChemTalk, berilium tidak bereaksi dengan air, magnesium bereaksi dengan uap, kalsium bereaksi lambat dengan air dingin, dan strontium juga barium bereaksi dengan air leboh cepat.

Radioaktivitas tinggi

Unsur logam alkali (kecuali magnesium) memiliki sifat radioaktif karena memiliki radioisotop dengan waktu paruh yang panjang.

Baca juga: Macam-Macam Peluruhan Radioaktif

Konduktivitas tinggi

Logam alkali tanah memiliki konduktivitas termal dan juga listrik yang tinggi. Sehingga, logam alkali tanah dapat menghantarkan panas dan juga listrik dengan baik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com