Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2020, 13:43 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain memiliki banyak manfaat, penggunaan unsur radioaktif juga memiliki dampak negatif. Seperti yang diketahui unsur radioaktif memancarkan radiasi berupa sinar alfa, beta, ataupun gamma.

Matahari menggunakan reaksi fusi untuk dapat menghasilkan helium dan berpijar. Pada sinar matahari terdapat banyak radiasi sehingga kita tidak boleh berlama-lama terpapar sinar tersebut karna dapat menyebabkan kanker kulit.

Dampak Radiasi Alat Medis

Unsur radioaktif digunakan dalam peralatan medis untuk dapat memindai penyakit yang berada dalam tubuh manusia seperti CT-scan, x-ray, dan positron emission tomography (PET).

Zat radioaktif yang digunakan memiliki energi tinggi sehingga dapat menembus jaringan tubuh manusia. Dilansir dari Harvard Health Publishing, penggunaan radioaktif dalam jangka waktu yang lama dan sering dapat menimbulkan mutasi DNA pada jaringan.

Baca juga: Abaikan Protes Nelayan, Jepang Akan Buang Limbah Radioaktif Fukushima ke Laut

 

Mutasi DNA ini dapat menyebabkan penyakit kanker seiring dengan berjalannya waktu.

Radiasi dari penggunaan alat medis relative kecil pada orang dewasa. Namun jika dilakukan pada usia muda, dengan frekuensi yang sering, ini dapat membahayakan.

Inilah mengapa penggunaan CT-scan, X-ray, dan PET tidak bisa dilakukan sembarangan dan juga tidak boleh dilakukan pada wanita yang sedang mengandung karena dapat membahayakan janin.

Dokter tidak akan menganjurkan kamu untuk melakukan CT-scan jika kamu hanya mengalami pegal-pegal ataupun tidak memiliki gejala yang relevan dengan suatu penyakit berbahaya.

Baca juga: Otoritas Fukushima Pastikan Pawai Obor Olimpiade Aman dari Ancaman Radiasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com