Perbedaan Reaksi Fisi dan Reaksi Fusi

Kompas.com - 23/10/2020, 13:41 WIB
Salah satu pengembangan reaktor fusi (TOKAMAK) di Iter, Prancis. David Parker/Science Photo LibrarySalah satu pengembangan reaktor fusi (TOKAMAK) di Iter, Prancis.

KOMPAS.com - Ketika mendengar reaksi fisi dan reaksi fusi nuklir, apa yang ada dalam bayangan kalian? Kedua reaksi tersebut adalah contoh dari transmutasi buatan.

Transmutasi buatan adalah perubahan inti atom yang sengaja dilakukan oleh manusia didalam sebuah reaktor. Lalu, apakah pengertian dari fisi dan fusi, serta apakah perbedaan di antara keduanya? Mari kita simak penjelasan berikut ini!

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Perbedaan reaksi fisi dan reaksi fusi

Reaksi Fisi

Reaksi fisi adalah reaksi pemisahan atom dengan inti berat karena ditembak oleh partikel neutron.

Dilansir dari Britannica encyclopedia saat atom berat ditembak oleh partikel, inti atom akan pecah menjadi dua atom yang lebih ringan disertai dengan pelepasan energi yang besar.

Baca juga: Unik, di Jerman Ada Taman Rekreasi dari Bekas Reaktor Nuklir

Reaksi fisi hanya membutuhkan sedikit energi untuk dapat terjadi, energi ini digunakan untuk mempercepat partikel yang ditembakkan. Partikel dipercepat oleh akselelator sehingga memiliki energi yang cukup untuk sampai ke inti atom.

Dilansir dari Departemen Energi Amerika Serikat, energi yang dihasilkan oleh reaksi fisi 1 juta kali lebih banyak dibandingkan yang dihasilkan sumber energi lain. Itulah mengapa reaksi fisi banyak digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga nuklir.


Reaksi Fusi

Kebalikan dengan reaksi fisi yang berarti pemecahan, reaksi fusi adalah penyatuan. Contohnya bisa kita lihat dalam serial kartun Dragon Ball.

Saat keadaan terdesak, Goku bisa melakukan fusion (bergabung) dengan tokoh lainnya menghasilkan sosok Goku yang jauh lebih kuat dan hebat.

Ini sama dengan reaksi fusi di mana dua atom bergabung menghasilkan satu atom dengan inti yang lebih berat.

Baca juga: China Akan Bangun 6 sampai 8 Reaktor Nuklir hingga 2025

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X