Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Reaksi Fisi dan Reaksi Fusi

Kompas.com - 23/10/2020, 13:41 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika mendengar reaksi fisi dan reaksi fusi nuklir, apa yang ada dalam bayangan kalian? Kedua reaksi tersebut adalah contoh dari transmutasi buatan.

Transmutasi buatan adalah perubahan inti atom yang sengaja dilakukan oleh manusia didalam sebuah reaktor. Lalu, apakah pengertian dari fisi dan fusi, serta apakah perbedaan di antara keduanya? Mari kita simak penjelasan berikut ini!

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Perbedaan reaksi fisi dan reaksi fusi

Reaksi Fisi

Reaksi fisi adalah reaksi pemisahan atom dengan inti berat karena ditembak oleh partikel neutron.

Dilansir dari Britannica encyclopedia saat atom berat ditembak oleh partikel, inti atom akan pecah menjadi dua atom yang lebih ringan disertai dengan pelepasan energi yang besar.

Baca juga: Unik, di Jerman Ada Taman Rekreasi dari Bekas Reaktor Nuklir

Reaksi fisi hanya membutuhkan sedikit energi untuk dapat terjadi, energi ini digunakan untuk mempercepat partikel yang ditembakkan. Partikel dipercepat oleh akselelator sehingga memiliki energi yang cukup untuk sampai ke inti atom.

Dilansir dari Departemen Energi Amerika Serikat, energi yang dihasilkan oleh reaksi fisi 1 juta kali lebih banyak dibandingkan yang dihasilkan sumber energi lain. Itulah mengapa reaksi fisi banyak digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga nuklir.


Reaksi Fusi

Kebalikan dengan reaksi fisi yang berarti pemecahan, reaksi fusi adalah penyatuan. Contohnya bisa kita lihat dalam serial kartun Dragon Ball.

Saat keadaan terdesak, Goku bisa melakukan fusion (bergabung) dengan tokoh lainnya menghasilkan sosok Goku yang jauh lebih kuat dan hebat.

Ini sama dengan reaksi fusi di mana dua atom bergabung menghasilkan satu atom dengan inti yang lebih berat.

Baca juga: China Akan Bangun 6 sampai 8 Reaktor Nuklir hingga 2025

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com