Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Hari Ini: Bom Atom Dijatuhkan di Nagasaki

Kompas.com - 09/08/2020, 12:00 WIB
Ari Welianto

Penulis

KOMPAS.com - Pada, 9 Agustus 1945 merupakan sejarah dijatuhkannya bom atom di Kota Nagasaki, Jepang.

Bom atom dijatuhkan oleh pasukan Amerika Serikat (AS) dalam Perang Dunia (PD) II. Sebelumnya pada, 6 Agustus 1945 pasukan AS juga telah menjatuhkam bom atom di Kota Hiroshima.

Kondisi tersebut menghancurkan bangunan dan menewaskan puluhan jiwa rakyat Jepang. Kematian dan penyakit akibat radiasi terus meningkat selama beberapa dekade berikutnya.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), Nagasaki dipilih sebagai target bom atom kedua yang dijatuhkan di Jepang oleh Amerika Serikat dalam Perang Dunia II.

Bom tersebut dijatuhkan pada tanggal 9 Agustus 1945, dan menghancurkan bagian terdalam Nagasaki antara 60.000 dan 80.000 orang tewas.

Sekitar 40 persen bangunan kota hancur total atau rusak parah. Sejak Perang Dunia II, kota ini telah dibangun kembali dan penting sebagai pusat spiritual bagi gerakan pelarangan senjata nuklir.

Baca juga: Hiroshima dan Nagasaki, Jadi Kota Maju Setelah Tragedi Bom Atom

Diperingatkan

Sebelum bom atom dijatuhkan ke Hiroshima dan Nagasaki, AS sudah memperingatkan Jepang.

Dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2019) karya Edi Rohani, Amerika Serikat menjatuhkan bom atom atas persetujuan dari Britania Raya yang tertuang dalam perjanjian Quebec.

Sebelumnya AS bersama Britania Raya dan China meminta pasukan Jepang untuk menyerah tanpa syarat atau menghadapi kehancuran cepat dan besar.

Jepang menolak dan mengabaikan ultimatum tersebut. Sehingga AS menjatuhkan bom atom uranium jenis bedil (Little Boy) di Hiroshima dan bom plutonium jenis implosi (Fat Man) di Nagasaki.

Pesawat pengangkut Fat Man adalah Boeing B29 bernama Superfortress Bockscar diterbangkan oleh Kapten Frederick C. Bock. Backscar lepas landas pukul 03.47 pagi dari Kepulauan Tinian.

Sebelum bom dijatuhkan, sebenarnya ada tiga target, yakni Kokura, Kyoto, dan Niigata. Namun, Kyoto dihapus dalam target sasaran pengeboman dan digantikan kota Nagasaki.

Baca juga: Bom Nagasaki hingga Proklamasi, Peristiwa Bersejarah Saat Ramadhan Tahun 1945

Kota Nagasaki dipilih dengan alasan banyaknya penduduk. Niigita menjadi pilihan terakhir karena faktor jarak yang terlalu jauh.

Sehingga hanya ada dua pilihan Backscar mengantarkan bom nuklir, yakni Kokura dan Nagasaki.

Pada,9 Agustus 1945 pukul 11.02, Nagasaki benar-benar diserang. Tak tanggung-tanggung, bom nuklir siap menghancurkan seluruh isi kota beserta penduduknya. Fat Man mempunyai daya ledak lebih besar dibanding Little Boy.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com