Aktivitas Pembelajaran Senam Lantai

Kompas.com - 22/10/2020, 16:30 WIB
Senam Artistik putri Indonesia, Rifda Irfanaluthfi melakukan lompatan nomor senam lantai di Ninoy Aquino Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/12/2019). Rifda Irfanaluthfi menyumbang medali perak untuk nomor all-round individual putri. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSenam Artistik putri Indonesia, Rifda Irfanaluthfi melakukan lompatan nomor senam lantai di Ninoy Aquino Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/12/2019). Rifda Irfanaluthfi menyumbang medali perak untuk nomor all-round individual putri.

KOMPAS.com - Senam lantai merupakan salah satu jenis olahraga senam yang juga diperlombakan.

Sesuai dengan namanya, maka gerakan atau aktivitasnya dilakukan di atas lantai atau sebuah matras.

Dalam pelaksanaannya, olahraga senam lantai membutuhkan kekuatan dan kelenturan tubuh. Karena gerakan senam lantai membutuhkan koordinasi semua anggota tubuh.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), senam lantai merupakan aktivitas senam yang memiliki jenis gerakan mirip seperti balet serta jungkir balik dan dilakukan tanpa alat bantu.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), senam lantai atau yang dalam Bahasa Inggris juga dikenal sebagai  floor excercise adalah gerakan senam yang dilakukan di atas lantai yang ditutupi dengan kain atau bantalan.

Baca juga: Gerak Berirama: Pengertian dan Asal Usulnya

Lantai yang digunakan dalam senam lantai memiliki ukuran 12 meter persegi atau 40 kaki.

Senam lantai memadukan antara ritme dan harmoni yang memungkinkan para pesenamnya bergerak secara bebas untuk memanfaatkan area.

Senam lantai mengutamakan keseimbangan, kekuatan, kelenturan serta ketajaman untuk pesenam putra. Sedangkan untuk pesenam putri membutuhkan keluwesan, irama serta kelenturan tubuh.

Durasi senam lantai untuk putra dan putri berbeda. Untuk putra durasinya 50 hingga 70 detik. Sedangkan untuk putri durasinya 70 hingga 90 detik.

Aktivitas pembelajaran senam lantai

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X