Kompas.com - 04/01/2022, 18:54 WIB


KOMPAS.comLogam alkali adalah salah satu golongan dalam tabel periodik yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah unsur-unsur logam alkali dan sifat-sifatnya!

Unsur-unsur logam alkali

Dalam tabel periodik, logam alkali adalah golongan 1 yang terletak di ujung sebelah kiri dan berada di bawah unsur Hidrogen. Walaupun berada dalam satu kolom, hidrogen bukanlah logam alkali karena merupakan unsur gas.

Logam alkali terdiri dari enam buah unsur yaitu Litium (Li), Natrium (Na), Kalium (K), Rubidium (Rb), Sesium (Cs), dan juga Fransium (Fr). Unsur-unsur tersebut ada yang melimpah di alam, namun ada juga yang tergolong langka.

Unsur natrium dan kaliumlah yang paling melimpah di alam, sedangkan sisanya tergolong langka. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, Dalam kerak bumi terdapat 2,6% natrium, 2,4% kalium, 0,03% rubidium, 0,007% litium, dan 0,0007% sesium.

Baca juga: Sifat-Sifat Unsur Kimia

Dengan angka tersebut, rubidium dan sesium sudah tergolong sangat langka. Namun, ternyata fransium jauh lebih langka dan lebih sulit ditemukan di alam.

Sifat-sifat logam alkali

Logam alkali memiliki sifat fisika dan sifat kimia yang unik sehingga mudah dibedakan dengan unsur lainnya. Berikut adalah sifat-sifat unsur dalam golongan logam alkali!

Berkilau

Semua unsur dalam golongan logam alkali memiliki penampakan fisik yang berkilau layaknya perak.

Konduktor yang baik

Seperti logam lainnya, logam alkali merupakan konduktor yang baik. Sebagai konduktor, logam alkali dapat menghantarkan listrik dan juga panas dengan baik.

Baca juga: Gas Mulia: Unsur dan Sifat-sifatnya

 

Titik didih dan titik leleh yang lebih rendah dari logam lain

Dilansir dari Chemistry Libretexts, ikatan logam dalam logam alkali lebih lemah dari ikatan logam lain sehingga, logam alkali mendidih dan meleleh pada suhu yang lebih rendah daripada logam lain.

Pada golongan alkali, semakin ke bawah maka akan semakin rendah titik didih dan titik leleh unsur tersebut.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.