Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2020, 13:33 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semua benda di Bumi bisa membusuk, buah-buahan dan sayur-sayuran akan membusuk dalam beberapa hari. Logam seperti besi dan seng juga membusuk atau biasa disebut dengan berkarat. Unsur radioaktif juga dapat membusuk dengan cara meluruh.

Dalam beberapa waktu unsur radioaktif akan kehilangan setengah dari massa dan juga hanya memancarkan setengah dari radiasinya, waktu tersebut disebut dengan waktu paruh. Waktu paruh dapat disimpulkan sebagai umur zat radioaktif untuk berkurang setengahnya.

Dilansir dari BBC, waktu paruh radioaktif tidak dipengaruhi oleh reaksi kimia atau dorongan fisik. Waktu paruh suatu unsur radioaktif tidak dapat dikurangi atau ditambah dengan reaksi kimia maupun reaksi fisika.

Waktu paruh dari unsur radioaktif berbeda-beda tergantung jenis unsurnya. Ada unsur yang waktu hidup yang sangat panjang, namun ada juga unsur yang memiliki waktu hidup yang sangat singkat.

Baca juga: Kenapa Batan Utamakan Produksi Radioisotop dari Radioaktif untuk Kesehatan?

 

Unsur yang sangat reaktif memiliki waktu paruh yang sangat singkat, ini berarti bahwa secara alami unsur tersebut cepat habis atau menghilang.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Rumus waktu paruh zat radioaktif

Nt = massa isotop yang tersisa
N0 = massa isotop mula-mula
t = umur isotop/ waktu peluruhan isotop
t1/2= waktu paruh isotop

Dilansir dari La Radioactivite, unsur polonium-214 memiliki watu paruh yang sangat singkat yaitu 0,16 milidetik. Sedangkan uranium memiliki waktu paruh yang sangat lama yaitu 4,5 milyar tahun.

Selama 4,5 milyar tahun uranium akan terus-menerus memancarkan radiasi nuklir. Setelah melewati waktu 4,5 milyar tahun radiasinya akan berkurang setengahnya, pengurangan terjadi terus menurus seiring kelipatan waktu paruhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com