Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Perbedaan Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal?

Kompas.com - 19/01/2022, 13:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Perbedaan komunikasi interpersonal dan intrapersonal adalah proses komunikasinya. Komunikasi interpersonal merupakan pengiriman dan penerimaan pesan antara dua orang atau lebih. Sedangkan komunikasi intrapersonal adalah proses komunikasi dengan diri sendiri.

Menurut Hafied Cangara dalam buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2016), komunikasi intrapersonal adalah proses komunikasi yang terjadi dalam diri individu, atau kata lainnya proses komunikasi dengan diri sendiri.

Dikutip dari buku Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (2010) karya Deddy Mulyana, komunikasi interpersonal adalah proses komunikasi antarindividu secara tatap muka, yang memungkinkan pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik bentuk verbal maupun nonverbal.

Perbedaan komunikasi interpersonal dan intrapersonal

Proses komunikasi

Proses komunikasi menjadi pembeda utama antara komunikasi interpersonal dan intrapersonal.

Dalam komunikasi interpersonal, proses komunikasinya bersifat dialogis atau dua arah. Disebut demikian karena ada pihak yang berperan sebagai komunikator dan ada pula yang menjadi komunikan.

Karena bersifat dialogis, berarti komunikator secara aktif mengirimkan pesan kepada komunikan, dan begitu pula sebaliknya, sehingga terjadi hubungan timbal balik.

Baca juga: Komunikasi Interpersonal: Pengertian Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Sementara proses komunikasi intrapersonal terjadi dalam diri individu yang sama, di mana individu tersebut berperan sebagai komunikator dan komunikan sekaligus.

Komunikasi intrapersonal sering terjadi ketika seseorang akan mengambil keputusan, khususnya saat menimbang apakah keputusan tersebut menguntungkan atau merugikan dirinya.

Jumlah individu yang terlibat

Dalam Buku Ajar Komunikasi Interpersonal (2020) karya Ascharisa Mettasatya Afrilia dan Anisa Setya Arifina, disebutkan bahwa perbedaan komunikasi interpersonal dan intrapersonal juga terletak pada jumlah individunya.

Komunikasi interpersonal melibatkan dua orang atau lebih yang sudah pernah atau sedang menjalin hubungan.

Dengan demikian pihak yang terlibat di dalamnya punya posisi khusus, sehingga kualitas komunikasinya (empati, keterbukaan, dukungan, berpikir positif, dan kesetaraan) turut diperhatikan.

Sedangkan komunikasi intrapersonal hanya melibatkan satu orang. Karena prosesnya terjadi dalam diri individu itu sendiri. Oleh sebab itu, penggunaan bahasa, pikiran, serta proses komunikasinya hanya terjadi dalam diri sendiri.

Baca juga: Komunikasi Intrapersonal: Pengertian dan Tujuannya

Kesimpulannya, perbedaan komunikasi interpersonal dan intrapersonal terletak pada proses komunikasi serta jumlah individu yang terlibat dalam prosesnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com