Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Komunikasi Kelompok beserta Ciri-cirinya

Kompas.com - 19/01/2022, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Fungsi komunikasi kelompok adalah menguatkan hubungan sosial antaranggota kelompok dan saling bertukar informasi.

Beberapa ciri komunikasi kelompok, antara lain proses komunikasinya berlangsung tatap muka, bentuknya terstruktur, dan konteks situasinya heterogen.

Komunikasi kelompok adalah proses komonikasi yang terjadi di antara tiga orang atau lebih dalam suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Terciptanya komunikasi kelompok sangat dipengaruhi oleh proses pengolahan pesan secara timbal balik dan upaya pemeliharaannya, agar hubungan tetap terjaga serta komunikasinya tetap berjalan efektif.

Fungsi komunikasi kelompok

Dikutip dari buku Psikologi Komunikasi (2021) karya Angelia Putriana, dkk, fungsi komunikasi kelompok adalah:

  • Menguatkan hubungan sosial antaranggota kelompok melalui kegiatan bersama, seperti liburan, kegiatan santai, dan aktivitas sosial.
  • Saling bertukar informasi atau pengetahuan. Komunikasi kelompok berfungsi sebagai sarana pertukaran informasi dan pengetahuan di antara anggotanya.
  • Untuk mendidik. Fungsi komunikasi kelompok adalah mendidik para anggotanya. Fungsi ini dipengaruhi atau bergantung pada jumlah informasi, jumlah anggota kelompok, serta frekuensi interaksi antaranggota.
  • Mengajak anggota kelompok untuk melakukan atau tidak melakukan suatu hal.
  • Problem solving. Fungsi komunikasi kelompok ini meliputi upaya pemecahan atau penyelesaian masalah guna menghindari konflik yang lebih besar.

Baca juga: Definisi Komunikasi Kelompok dan Bentuknya

Ciri-ciri komunikasi kelompok

Dilansir dari buku Etika Komunikasi Organisasi (2018) karya H. A. Rusdiana, berikut ciri-ciri komunikasi kelompok:

Komunikasinya berlangsung tatap muka dan adanya timbal balik

Ciri komunikasi kelompok yang pertama ini berarti para anggota kelompok saling berkomunikasi secara langsung dan menjalin hubungan timbal balik dalam proses komunikasinya. Tiap anggota kelompok sangat mungkin berperan sebagai komunikator dan komunikan sekaligus.

Terlaksananya komunikasi atas unsur prakarsa bersama

Berarti komunikasi kelompok terbentuk dan terlaksana atas inisiatif masing-masing individunya.

Berbentuk terstruktur, permanen, dan emosional

Ciri komunikasi kelompok ini menunjukkan bahwa proses komunikasinya berbentuk terstruktur sesuai peran tiap anggota, permanen atau berlangsung terus-menerus dalam jangka waktu lama, serta melibatkan emosi (senang, sedih, kecewa, dan marah) saat berkomunikasi.

Tiap anggota kelompok sadar dengan peranan, sasaran, dan identitas kelompoknya

Artinya tiap anggota dalam kelompok tahu dan menyadari identitasnya, seperti apa peranannya dalam kelompok, serta sasaran atau tujuan yang ingin diraih para anggota kelompok.

Situasinya heterogen

Ciri komunikasi kelompok ini berarti situasi dalam konteks komunikasi ini bersifat heterogen. Karena anggotanya berasal dari status sosial, pendidikan, usia, dan jenis kelamin yang berbeda, sehingga dapat memengaruhi jalannya proses komunikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com