Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunikasi Intrapersonal: Pengertian dan Tujuannya

Kompas.com - 20/12/2021, 14:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comKomunikasi intrapersonal merupakan bentuk komunikasi paling dasar yang terjadi saat seseorang berkomunikasi dengan dirinya sendiri.

Jenis komunikasi ini memungkinkan seseorang berperan sebagai komunikator dan komunikan sekaligus. Artinya proses pengiriman dan penerimaan pesan dapat terjadi di saat yang bersamaan.

Pengertian komunikasi intrapersonal

Menurut Hafied Cangara dalam buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2016), komunikasi intrapersonal adalah proses komunikasi yang terjadi di dalam diri setiap individu, atau proses berkomunikasi dengan diri sendiri.

Dikutip dari buku Introducing Communication Theory: Analysis and Application (2007) karya Richard West dan Lynn H. Turner, komunikasi intrapersonal (intrapersonal communication) merupakan dialog internal tiap diri individu.

Komunikasi intrapersonal dapat terjadi saat bersama orang lain. Contohnya dalam proses pengambilan keputusan, individu sangat sering berkomunikasi dengan diri sendiri, khususnya untuk mencari tahu apa kerugian atau keuntungan dari pengambilan keputusan tersebut.

Dibanding bentuk komunikasi lainnya, komunikasi intrapersonal lebih sering terjadi dan sifatnya berulang.

Baca juga: Komunikasi Interpersonal: Pengertian Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Tujuan komunikasi intrapersonal

Berikut tujuan komunikasi intrapersonal:

Mengenal diri sendiri dan orang lain

Melansir dari buku Etika Komunikasi Organisasi: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi (2018) karya H. A. Rusdiana, komunikasi intrapersonal memberi kesempatan untuk berbicang dengan diri sendiri serta mengetahui nilai, sikap, dan perilaku orang lain, sehingga bisa menanggapi serta memprediksi tindakan orang lain.

Mengasah pikiran

Komunikasi intrapersonal bertujuan untuk mengasah pikiran. Karena jenis komunikasi ini dilakukan dengan diri sendiri, sehingga kemampuan berpikir dan respons terhadap kondisi lingkungan sekitar menjadi lebih cepat.

Menganalisis serta melakukan penalaran

Tujuan komunikasi intrapersonal adalah menganalisis lingkungan sekitar, mulai dari objek yang diamati hingga orang lain. Selain itu, komunikasi intrapersonal juga bertujuan untuk melakukan penalaran atau berpikir logis dalam menyikapi kondisi atau hal tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com