Kompas.com - 18/01/2022, 15:44 WIB


KOMPAS.comPrisma segitiga adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki banyak sisi datar, sehingga termasuk ke dalam polihedron. Berikut adalah unsur-insur prisma segitiga!

Sisi

Prisma segitiga memiliki unsur sisi yang berjumlah lima. Dilansir dari Splash Learn, prisma adalah bangun tiga dimensi dengan dua sisi identik yang saling berhadapan.

Dua buah sisi identik yang saling berhadapan disebut dengan basis. Sedangkan, tiga sisi lainnya berada di bagian samping membentuk ruang prisma segitiga.

Misalnya, pada gambar terlihatprisma segitiga ABC.DEF. Maka dua basis prismanya adalah sisi ABC dan sisi DEF. Sedangkan, tiga sisi lainnya adalah sisi ABFD, ACED, dan BCEF.

Baca juga: Unsur-unsur Bangun Ruang Kerucut

Rusuk

Prisma segitiga juga terbentuk dari unsur berupa rusuk. Rusuk prisma segitiga merupakan garis lurus yang membangun bangun ruang tersebut.

Prisma segitiga memiliki sembila buah rusuk. Pada gambar, rusuk prisma segitiga adalah AB, AC, BC, AD, BF, CE, DE, DF, dan EF.

Titik sudut

Dilansir dari Cuemath, lima buah sisi dan sembuah rusuk prisma segitiga memebentuk enam buah titik sudut. Keenam titik sudut tersebut adalah sudut A, sudut B, sucut C, sudut E, sudut D,sudut E, dan sudut F.

Tinggi prisma

Seperti bangun ruang sisi datar lainnya, prisma segitiga memiliki tinggi. Tinggi pada prisma segitiga adalah jarak antara kedua basisnya. Sehingga, tinggi prisma segitiga adalah tinggi rusuk sisi sampingnya.

Baca juga: Unsur-Unsur Trapesium

Diagonal sisi

Setiap sisi samping prisma memiliki dua buah diagonal sisi, sedangkan prisma segitiga memiliki tiga buah sisi samping. Maka, prisma segitiga memiliki enam buah garis diagonal sisi.

Namun, prisma segitiga tidak memiliki diagonal ruang. Hal tersebut dikarenakan setiap garis yang menghubungkan satu sudut dengan sudut lainnya dalam prisma segitiga berada di sisinya dan tidak melintasi ruang prisma.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.