Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Barang yang Dihasilkan Tukang Kayu dan Sumber Daya Alam yang Digunakan

Kompas.com - 11/10/2021, 12:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comTukang kayu menghasilkan beberapa jenis barang yang sering digunakan manusia. Dalam pembuatannya, tukang kayu membutuhkan sumber daya alam serta peralatan lainnya.

Pengertian tukang kayu bisa dipahami lewat arti kata ‘tukang’ dan ‘kayu’. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tukang diartikan sebagai orang yang mempunyai kepandaian untuk melakukan pekerjaan tangan, seperti membuat, memperbaiki, menjual, dan lainnya.

Sedangkan kayu adalah bagian batang pohon yang sifatnya keras dan sering digunakan untuk pembuatan bahan bangunan atau lainnya. Jadi, tukang kayu adalah orang yang mempunyai kepandaian untuk membuat atau mengolah batang pohon (kayu) menjadi barang yang lebih bermanfaat.

Jenis barang dan sumber daya alam

Tukang kayu menghasilkan barang yang terbuat dari berbagai jenis kayu, seperti jati, mahoni, pinus, dan lainnya.

Menurut Sulaiman dalam buku Perubahan Fisik dan Sifat Benda (2019), contoh benda yang terbuat dari kayu adalah peralatan makan (sendok kayu, piring dan mangkuk kayu, serta sumpit kayu), meja, kursi, pintu, lemari, dan tempat tidur.

Baca juga: 10 Jenis Profesi dan Fungsinya

Jenis barang yang dihasilkan tukang kayu seperti meja, kursi, tempat tidur, lemari, bingkai jendela, pintu, peralatan makan, patung, hiasan rumah, dan lain sebagainya

Kayu menjadi sumber daya alam yang digunakan oleh tukang kayu untuk membuat barang. Kayu termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. Kayu bisa didapat dan terus digunakan dengan cara ditebang dan dilakukan penanaman kembali atau reboisasi.

Ada banyak jenis kayu yang bisa digunakan untuk menghasilkan barang. Tukang kayu harus mengetahui jenis, sifat, dan kegunaan kayu yang sesuai dengan barang akan dibuat. Karena perbedaan jenis kayu akan menghasilkan tekstur dan karakteristik barang yang berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com