Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tipe Vegetasi Tumbuhan di Indonesia

Kompas.com - 20/08/2021, 14:37 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comVegetasi berhubungan dengan adanya berbagai jenis tumbuhan di suatu tempat. Kumpulan tumbuhan tersebut akan membentuk sebuah komunitas. Vegetasi tersebar di berbagai tempat di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Ada banyak jenis vegetasi di dunia bergantung pada iklim dan jenis daerahnya. Pertumbuhan dan perkembangan vegetasi dipengaruhi tanah dan keseimbangan komponen lain. Dapat dikatakan tiap daerah mempunyai jenis vegetasi yang berbeda dengan daerah lainnya.

Pengertian dan fungsi vegetasi

Menurut Sosilawaty dan kawan-kawan dalam buku Komposisi Vegetasi pada Berbagai Tutupan Lahan di Laboratorium Alam Hutan Pendidikan Hampangen Universitas Palangka Raya (2020), vegetasi adalah kumpulan beberapa jenis tumbuhan yang hidup bersama di suatu tempat.

Vegetasi berkaitan erat dengan kondisi tanah, iklim, dan faktor lingkungan lainnya. Vegetasi dapat berupa tanaman hutan, perkebunan, komunitas tumbuhan di suatu tempat, persawahan, ladang, dan lainnya.

Baca juga: Jenis-Jenis Vegetasi Alam

Mengutip dari buku Analisis Bencana untuk Pengeolaan Daerah Aliran Sungai (DAS): Studi Kasus Kawasan Hulu DAS Comal (2021) karya Djati Mardiatno dan Muh. Aris Marfai, vegetasi tumbuhan berfungsi sebagai pelindung permukaan bumi dari hempasan air hujan, hembusan angin, serta panas matahari.

Fungsi lain dari vegetasi ialah menghasilkan beragam kebutuhan yang diperlukan manusia, seperti buah, batang atau kayu, akar, daun, getah, dan yang paling penting oksigen.

Tipe vegetasi tumbuhan di Indonesia

Indonesia mempunyai banyak tipe vegetasi tumbuhan. Berikut penjelasannya:

  • Hutan hujan tropis

Dalam buku Konsep Dasar Ekologi Tumbuhan (2020) karya Ervina Mukharomah, hutan hujan tropis terletak di kawasan tropis yang memiliki curah hujan cukup tinggi sepanjang tahun. Tingkat kelembapan hujan tergolong sangat tinggi di hutan ini.

Tipe vegetasi tumbuhan hutan hujan tropis biasanya mendominasi wilayah Indonesia bagian barat teritama Pulaua Sumatera dan Kalimantan. Selain itu juga di wilayah Jawa Barat, seperti Bogor dan Ujung Kulon, Sulawesi, dan Papua.

  • Hutan muson tropis

Jenis hutan ini terletak di kawasan beriklim tropis. Lebih spesifiknya, hutan ini memiliki perbedaan musim kemarau dan penghujan yang cukup jelas. Salah satu cirinya ialah tanaman di hutan muson tropis sering berguguran ketika musim kemarau.

Contoh wilayah Indonesia dengan vegetasi hutan muson tropis adalah Jawa Timur, sebagian Pulau Bali, Jawa Barat bagian utara, dan Jawa Tengah.

Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Letak Geografis Indonesia terhadap Sosial Masyarakat

  • Sabana tropis

Merupakan padang rumput yang diselingi dengan tumbuhan berbatang tinggi. Vegetasi ini bisa tumbuh di tempat beriklim tropis dan subtropis. Ciri utama sabana tropis ialah minimnya curah hujan, tetapi tidak terlalu kering seperti gurun pasir, dan tidak terlalu basah layaknya hutan.

Beberapa wilayah Indonesia yang memiliki vegetasi sabana tropis adalah Pulau Bali, Nusa Tenggara Barat, dan ujung timur Pulau Jawa.

  • Hutan bakau

Hutan bakau dikenal juga dengan nama hutan mangrove. Hutan ini tumbuh di air payau serta dipengaruhi pasang surut air laut. Jenis vegetasi ini bisa ditemui di kawasan sekitar pantai di Indonesia, misalnya Karimunjawa di Jawa Tengah, Teluk Bintuni di Papua, Kulonprogo di Yogyakarta, Tarakan di Kalimantan Utara, dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com