Kompas.com - 03/08/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi peta Indonesia Vera PetruninaIlustrasi peta Indonesia

KOMPAS.com - Indonesia memiliki letak geografis yang strategis. Hal ini jelas membawa dampak, baik positif maupun negatif, ke dalam kehidupan masyarakat, khususnya aspek sosial.

Letak geografis merupakan posisi keberadaan suatu wilayah berdasarkan letak serta bentuknya di muka bumi. Umumnya letak geografis dibatasi dengan berbagai kenampakan alam yang berhubungan langsung dengan wilayah tersebut.

Melansir dari situs Kementerian Luar Negeri Indonesia, letak geografis Indonesia terletak di dua benua dan dua samudra, yakni Benua Asia dan Benua Australia, serta Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Mengutip dari jurnal Meningkatkan Hasil Belajar Siswa terhadap Konsep Pembagian Wilayah Waktu dan Letak Geografis Indonesia dengan Menggunakan Media Bergambar (2017) karya Syafriadi, letak geografis Indonesia yang diapit dua benua dan dua samudra menempatkan negara ini pada posisi silang yang strategis.

Baca juga: Pengaruh Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim

Artinya posisi ini membawa dampak penting di berbagai bidang untuk masyarakat Indonesia. Salah satunya bidang sosial. Berikut penjelasan dampak positif dan negatif letak geografis Indonesia terhadap sosial masyarakat:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dampak positif

Dampak positif akibat pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap kondisi sosial masyarakatnya, yaitu:

  • Terjalinnya komunikasi yang baik antara warga Indonesia dengan warga asing

Letak geografis yang strategis membuat Indonesia sering dikunjungi pedagang ataupun wisatawan asing. Hal ini dapat meningkatkan jalinan komunikasi dan interaksi, antara warga Indonesia dengan warga asing.

  • Memudahkan warga Indonesia untuk terhubung langsung dengan warga negara lain

Selain meningkatkan jalinan komunikasi, letak geografis yang strategis juga memudahkan warga Indonesia untuk terhubung langsung dengan warga negara lainnya, khususnya dengan negara di sekitar Indonesia.

  • Adanya pertukaran dan percampuran budaya

Pertukaran budaya dapat dengan mudah terjadi karena letak geografis Indonesia yang strategis. Warga Indonesia mengenalkan budaya kepada warga asing, dan begitu pula sebaliknya. Sehingga terjadilah pertukaran dan percampuran budaya.

Baca juga: Pengaruh Karakteristik Geografis dengan Kehidupan Sosial Budaya

Dampak negatif

Sedangkan dampak negatif pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap kondisi sosial masyarakatnya, sebagai berikut:

  1. Mengakibatkan perubahan perilaku yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia
    Letak geografis yang strategis juga dapat membawa dampak negatif untuk Indonesia. Perilaku warga dikhawatirkan dapat berubah karena adanya pengaruh komunikasi dan budaya dari negara lain, yang mana belum tentu sesuai dengan budaya Indonesia.
  2. Hilangnya bahasa daerah
    Dalam berkomunikasi dengan warga negara lainnya tentu membutuhkan bahasa internasional. Jika masyarakat Indonesia lebih sering menggunakan bahasa asing, dikhawatirkan hal ini dapat melunturkan bahasa daerah.
  3. Timbul budaya yang tidak sesuai dengan nilai budaya di Indonesia
    Dampak negatif lainnya ialah kekhawatiran tentang timbulnya budaya yang tidak sesuai dengan nilai budaya Indonesia. Apabila hal ini terjadi, dikhawatirkan pula budaya asli Indonesia akan luntur atau hilang.


Sumber Kemlu
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.