Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daerah Penghasil Bauksit di Indonesia

Kompas.com - 28/06/2021, 10:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai sumber daya alam, salah satunya adalah mineral.

Kekayaan mineral bumi Indonesia dapat menghasilkan berbagai macam barang tambang diantaranya bauksit, timah hitam, emas, perak, platina, mangan, belerang, tembaga, dan besi.

Bauksit adalah batuan mineral yang menjadi sumber dari logam alumunium. Dilansir dari Geology.com, bauksit terbentuk ketika tanah laterit mengalami pencucian siliki dan bahan dan bahan terlarut laimmya dalam iklim tropis atau subtropis yang basah.

Indonesia yang merupakan daerah tropis menduduki peringkat keempat negara. Dilansir dari Badan Geologi kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, keseluruhan sumber daya bauksit di Indonesia diperkirakan sekitar 839,9 juta ton.

Baca juga: Daftar Barang Tambang di Seluruh Provinsi di Indonesia dan Kegunaannya

Ada empat daerah penghasil bauksit utama di Indonesia yaitu:

  • Kepulauan Riau

Kepulauan Riau merupakan salah satu daerah penghasil bauksit terbesar di Indonesia. Menurut CRITC COREMAP LIPI, jumlah sumber daya bauksit di Kepulauan Riau diperkirakan mencapai 180,97 juta ton.

Tambang utama dengan jumlah sebaran bauksit terbesar berada di Pulau Bintan yang berada di Semenanjung Selatan Malaysia.

Ricky Rositasari dalam jurnal berjudul Bintan, Pulau yang Menakjubkan (2016) menyebutkan bahwa potensi bauksit yang cukup besar di Bintan terdapat di wilayah Kecamatan Bintan Timur, Desa Gunung Lengkuas, Busung, Toapaya, Ekang Anculai, dan pulau-pulau Kecamatan Bintan Timur.

Selain di Bintan, daerah Riau lain yang memiliki pertambangan bauksit antara lainnya adalah Kabupaten Lingga, Tanjungpinang, dan Karimun.

  • Batuan bauksitgeology.com Batuan bauksit
    Sumatera Selatan

Sumatera selatan merupakan salah satu daerah dengan cadangan bauksit terbesar di Indonesia. Pertambangan bauksit di Sumatera Selatan terpusat di Kecamatan Kotapinang, Kabupaten Labuhan Batu Selatan.

Baca juga: Manfaat Sumber Daya Alam Tambang

  • Bangka Belitung

Daerah dengan produksi bauksit terbesar lainnya di Indonesia berada di Provinsi Bangka Belitung tepatnya di daerah Sigembir yang berada di Pulau Bangka. Dilansir dari Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Kepulauan Bangka Belitung memiliki cadangan bijih bauksit sebesat 3,1 juta ton.

  • Kalimantan Barat

Daerah penghasil bauksit selanjutnya di Indonesia adalah Kalimantan Barat. Pertambangan bauksit di Kalimantan Barat terdapat di daerah Bengkayang yang sudah ada sejak tahun 1952. Selain Bengkayang, sebaran bauksit di Kalimantan terdapat di daerah Ketapang, Singkawang, Kayong Utara, Kubu Raya, Pontianak, Sanggau, dan Landak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com