Kompas.com - 25/06/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi gula dan pemanis buatan freepik.com/8photoIlustrasi gula dan pemanis buatan

KOMPAS.com – Kebanyakan minuman dan makanan ringan menggunakan pemanis buatan untuk menekan biaya produksi.

Pemanis buatan adalah bahan kimia pengganti gula yang dimasukkan ke dalam makanan ataupun minuman. Berikut adalah jenis-jenis pemanis buatan yang biasa digunakan dalam produk pangan:

  • Sakarin

Sakarin adalah pemanis buatan non-nutrisi yang terbuat dari asam antranilat sebagai bahan dasarnya. Dilansir dari Medical News Today, sakarin 300 kali hingga 500 kali lipat lebih manis dari gula biasa dan tidak mengandung kalori atau karbohidrat.

Sakarin biasanya digunakan dalam minuman ringan, jus dalam kemasan, olahan makanan, pemberi rasa pada vitamin, mineral kunyah, jeli, permen karet, dan berbagai roti. Namun sakarin seringkali menimbulkan “after taste” rasa pahit seperti logam.

Baca juga: Mikroorganisme Dalam Makanan dan Minuman

  • Aspartam

Aspartam adalah pemanis buatan rendah kalori yang hanya mengandung 4 kalori namun 200 kali lebih manis daripada gula biasa. Aspartam terbuat dari asam aspartate dan fenilalanin sebagai bahan bakunya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aspartam sering digunakan dalam soda diet, eskrim bebas gula, yoghurt, minuman ringan rendah kalori, dan permen.

Aspartam hanya boleh digunakan dalam yang ditentukan. Menurut U.S Food and drug Administration, 50 miligram per kilogram berat badan saja yang diperbolehkan.

Aspartam dilarang digunakan pada orang yang mengonsumsi obat skizofrenia karena dapat mengakibatkan gerakan otot yang tidak terkontrol (tardive dyskinesia).

Aspartam juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita gangguan metabolisme fenilketonuria, karena tubuhnya tidak dapat memetabolisme asam fenilalanin.

  • Sukralosa

Sukralosa atau splenda adalah pemanis buatan non-nutrisi yang terbuat dari penggantian gugus OH dengan atom klorin dalam proses kimia bertingkat. Sukralosa 600 kali lipat lebih manis daripada gula biasa dan tidak memberikan rasa pahit sama sekali.

Baca juga: Jenis Makanan Berdasarkan Kandungan Zat di Dalamnya

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X