Kompas.com - 24/06/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi contoh paragraf narasi KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi contoh paragraf narasi

KOMPAS.com - Paragraf narasi adalah salah satu jenis paragraf dari bahasa yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), narasi adalah pengisahan suatu kejadian dan cerita atau deskripsi suatu kejadian atau peristiwa.

Paragraf narasi adalah bentuk paragraf yang berisi uraian cerita tentang sesuatu. Paragraf narasi menjelaskan suatu kejadian maupun peristiwa baik bersifat fiksi maupun non-fiksi.

Narasi kerap digunakan dalam penyajian berita, jurnal penelitian ilmia, buku ilmiah, hingga karya sastra seperti novel dan cerpen.

Dilansir dari Thought Co, narasi dapat berupa penjelasan dan analisi serangkaian ide, argument yang mencoba membujuk pembaca ke surut pandang tertentu, maupun deskripsi tertulis dari pengalaman visual.

Baca juga: Contoh Teks Negosiasi Antara Guru dan Siswa Tentang Pengumpulan Tugas

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agar lebih memahami tentang paragraf narasi, yuk kita simak contoh paragraf narasi di bawah ini!

  • Contoh narasi 1:

Pendidikan merupakan hal yang esensial dalam kehidupan manusia. Pendidikan membuat seseorang memiliki bekal untuk menjalani kehidupan dan mewujudkan impiannya. Pendidikan tidak hanya tentang materi ilmiah saja tetapi termasuk tata karma, etika kerja, hingga cara bersosialisasi dalam kehidupan bermsyarakat.

Selain menjadi bekal bagi kehidupan pribadi, pendidikan juga menjadi bekal bagi generasi penerus banga. Pendidikan yang baik akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang baik juga, sehingga negara bisa lebih maju karenanya. Oleh karena itu sangat penting bagi seluruh generasi muda mendapatkan pendidikan yang layak demi masa depannya sendiri juga masa depan negara.

  • Contoh narasi 2:

Islandia merupakan negara seluas 103.000 kilometer yang terletak di barat laut Eropa. Islandia menduduki peringkat kedua negara paling bahagia di dunia, padahal biaya hidup di Islandia jauh lebih mahal dibanding negara Eropa lainnya. Hal tersebut dapat dikarenakan Islandia merupakan negara teraman di dunia.

Di Islandia jarang terjadi kejahatan kriminal, padahal negara tersebut tidak memiliki armada militer. Faktor lain menjadikan Islandia negara yang makmur dan bahagia adalah sistem pendidikannya yang sangat baik.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X