Manfaat Sumber Daya Alam Tambang

Kompas.com - 24/01/2021, 15:07 WIB
Ilustrasi bahan tambang freepik.com/pch.vectorIlustrasi bahan tambang

KOMPAS.com - Berdasarkan jenisnya sumber daya alam terbagi menjadi dua, salah satunya adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui seperti bahan tambang. Dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, bahan tambang dibedakan menjadi tiga, yaitu:

  1. Barang tambang sumber energi atau bahan tambang bukan logam, terdiri dari minyak bumi, gas alam, dan batu bara.
  2. Bahan tambang logam, seperti emas, perak, tembaga, bauksit, besi, perak, timah, nikel, dan mangan.
  3. Bahan tambang industri, seperti asbes dan kapur.

Baca juga: Contoh Manfaat Sumber Daya Alam bagi Kehidupan Manusia

Manfaat bahan tambang

Dilansir dari situs Agincourt Resources, hasil tambang di Indonesia tersebar hampir di seluruh wilayah. Berikut manfaat sumber daya alam bahan tambang:

  • Sumber lapangan pekerjaan

Kegiatan pertambangan memerlukan tenaga manusia, sehingga diperlukan jumalh pekerja yang mencukupi. Dengan begitu akan mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia.

  • Meningkatkan pendapatan daerah dan negara

Manfaat sumber daya tambang bagi Indoensia adalah meningkatkan pendapatan. Pertambangan memberikan devisa terbesar bagi negara.

  • Bebas biaya impor

Dengan menggunakan hasil tambang sendiri, maka Indonesia tidak memerlukan impor bahan tambang dari negara lain. Hal ini memberikan keuntungan untuk menghemat biaya impor.

Baca juga: Usaha Masyarakat Untuk Menjaga dan Memelihara Sumber Daya Alam

  • Kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi

Pertambangan biasaya dilakukan di lokasi terpencil, sehingga membutuhkan akses transportasi dan komunikasi. Dengan adanya kegiatan pertambangan, maka dibuat akses transportasi dan komunikasi yang lebih maju dari sebelumnya.

  • Meningkatkan kesadaran untuk menjaga lingkungan

Pasca kegiatan pertambangan, biasanya membuat lingkungan sekitar tercemar. Pencemaran tersebut membuat warga menjadi lebih peduli dan terdorong untuk mengembalikan lingkungan menjadi hijau.

Barang tambang dan manfaatnya

Dalam buku Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (2018) karya Sarintan Efratani, dalam memanfaatkan sumber daya alam harus didasari dengan wawasan lingkungan.

Baca juga: Bagaimana Masyarakat Memanfaatkan Sumber Daya Alam?

Sehingga generasi mendatang tetap bisa menikmati hasil sumber daya alam, khususnya bahan tambang. Beberapa bahan tambang dan manfaatnya, sebagai berikut:

Barang tambang Manfaat
Asbes Bahan pembuat sumbu kompor dan kaus lampu
Batu bara Bahan bakar, pewarna, dan pengawet kayu
Belerang Induistri obat-obatan dan korek api
Batu kapur Industri semen, bangunan, dan car tradisional Besi = industri mesin, jembatan, bangunan, dan alat rumah tangga
Bauksit Bahan baku alumunium, pesawat terbang, dan alat rumah tangga
Emas Bahan perhiasan bernilai tinggi
Gas alam Bahan bakar
Minyak bumi Bahan bakar
Mangaan Bahan besi baja
Nikel Bahan pelapis anti karat pada besi
Timah Peralatan rumah tangga
Tembaga Peralatan untuk bahan perunggu


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X