Kompas.com - 27/10/2020, 17:16 WIB

KOMPAS.com – Setiap wilayah yang ada di permukaan bumi tentu memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Karakteristik tersebut bisa berupa iklim, suhu, curah hujan, tingkat pancaran sinar matahari, dan lain-lain.

Karakteristik wilayah yang berbeda berdampak pada perbedaan vegetasi antara satu wilayah dengan wilayah yang lain. Vegetasi merupakan komunitas tanaman atau tumbuhan yang hidup dalam habitat tertentu.

Pengelompokan vegetasi

Ada enam jenis vegetasi yang ada di dumi, berikut penjelasannya:

  • Padang rumput

Seperti namanya, vegetasi yang ada di wilayah ini didominasi oleh rerumputan. Ciri-ciri wilayah ini adalah curah hujannya berkisar di antara 25-50 sentimeter per tahun, curah hujan yang turun secara tidak teratur.

Baca juga: Kelimpahan Unsur di Alam

Curah hujan yang tidak teratur menyebabkan porositas dan drainase kurang baik sehingga tumbuhan kesulitan untuk mengambil air. Tumbuhan yang bisa menyesuaikan dengan kondisi wilayah ini hanyalah rumput.

Padang rumput tersebar mulai dari daerah tropis sampai daerah beriklim sedang, seperti Hungaria, Rusia Selatan, Asia Tengah, dan Australia.

  • Gurun

Dilansir dari buku Biogeografi (2018) karya Muhammad Zid dan Ode Sofyan Hardi, wilayah gurun memiliki ciri-ciri curah hujan sangat rendah (+25 cm/tahun), kelembapan udara sangat rendah, dan tanah sangat tandus karena tidak mampu menyimpan air.

Jenis vegetasi yang hidup di wilayah ini adalah tumbuhan xerofit, seperti kaktus. Wilayah gurun banyak ditemukan di wilayah Amerika Utara, Afrika Utara, Australia, dan Asia Barat.

Baca juga: Mengelola Sumber Daya Alam Berwawasan Lingkungan

  • Tanaman di tundra Arktik tumbuh lebih tinggi karena perubahan iklim
newsweek Tanaman di tundra Arktik tumbuh lebih tinggi karena perubahan iklim
    Tundra

Ciri-ciri wilayah tundra yaitu mendapat sedikit sinar matahari sehingga musim dingin sangat panjang (kurang lebih selama sembilan bulan suasananya gelap), musim panas berlangsung hanya tiga bulan. Pada masa inilah vegetasi mengalami masa pertumbuhan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.