Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Manajemen

Kompas.com - 27/02/2020, 20:30 WIB
Arum Sutrisni Putri

Penulis

Sumber Kemdikbud

KOMPAS.com - Dalam bidang seni pertunjukan dikenal istilah manajemen seni pertunjukan. Sebelum memahami pengertian manajemen seni pertunjukan, lebih baik pahami pengertian manajemen terlebih dahulu.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, istilah manajemen (management) mempunyai banyak arti dengan perspektif yang berbeda.

Manajemen artinya pengelolaan, pembinaan, pengurusan, ketatalaksanaan, kepemimpinan, pemimpin, ketatapengurusan, administrasi dan sebagainya sesuai latar belakang bidang yang dimaksud.

Pengertian manajemen

Berikut ini beberapa pengertian manajemen menurut para ahli:

Baca juga: Perencanaan Pameran Seni Rupa

John D Miller

Menurut John D Miller, manajemen adalah proses pengarahan dan pemberian fasilitas kerja kepada orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal untuk mencapai tujuan.

Miler lebih menekankan manajemen sebagai proses yaitu suatu rangkaian aktivitas yang berurutan satu sama lain.

Pengertian manajemen menurut Miller mencakup proses pengarahan (process of directing) dan proses pemberian fasilitas kerja (process of facilitating the work).

Proses pengarahan (process of directing) yaitu rangkaian kegiatan untuk memberikan petunjuk atau instruksi dari seorang atasan kepada bawahan atau orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal dan untuk pencapaian tujuan.

Proses pemberian fasilitas kerja (process of facilitating the work) yaitu rangkaian kegiatan untuk memberikan sarana, prasarana dan jasa yang memudahkan pelaksanaan pekerjaan dari seorang atasan kepada bawahan atau orang yang diorganisasikan untuk pencapaian tujuan.

Baca juga: Struktur Organisasi Seni Pertunjukan

James AF Stoner dan Charles Wankel

Menurut James AF Stoner dan Charles Wankel, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian upaya anggota organisasi dan penggunaan seluruh sumber daya organisasi lainnya demi tercapainya tujuan organisasi.

Menurut Stoner dan Wankel, proses adalah cara sistematis untuk menjalankan suatu perkerjaan.

Berdasarkan batasan manajemen tersebut, proses manajemen meliputi:

  1. Perencanaan yaitu menetapkan tujuan dan tindakan yang akan dilakukan.
  2. Pengorganisasian yaitu mengoordinasikan sumber daya manusia serta sumber daya lain yang dibutuhkan.
  3. Kepemimpinan yaitu mengupayakan agar bawahan bekerja sebaik mungkin.
  4. Pengendalian yaitu memastikan pencapaian tujuan, jika tidak maka dilakukan tindakan.

Paul Hersey dan Kenneth H Blanchard

Menurut Paul Hersey dan Kenneth H Blanchard manajemen adalah suatu usaha yang dilakukan dengan dan bersama individu atau kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.

Hersey dan Blanchard menekankan, definisi tersebut dimaksudkan tidak hanya satu jenis organisasi saja.

Tetapi juga bisa diterapkan pada berbagai jenis organisasi tempat individu dan kelompok tersebut menggabungkan diri untuk mewujudkan tujuan bersama.

Manajemen adalah seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com