Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Ombak Terbesar yang Pernah Diketahui?

Kompas.com - 30/04/2024, 08:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gelombang terbesar yang pernah tercatat didokumentasikan oleh para peneliti yang menganalisis dan memprediksi pola kelautan dan cuaca.

Pengukuran ini tidak hanya membantu dalam memahami kemampuan laut tetapi juga dalam mempersiapkan diri menghadapi bencana alam. Lantas, apa saja gelombang tertinggi yang pernah tercatat? 

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Bagaimana Ombak Bisa Tercipta di Lautan?

Apa Ombak Tertinggi yang Pernah Tercatat?

Gelombang di Praia do Norte, Nazaré, Portugal terkenal sebagai salah satu gelombang tertinggi di dunia. Banyak peselancar berlomba-lomba menaklukan gelombang raksasa tersebut.

Pada tanggal 11 Februari 2023, peselancar asal Brasil, Rodrigo Koxa, mencatat rekor baru dengan menaklukkan gelombang setinggi 24,7 meter. 

Gelombang ini secara resmi diakui oleh Guinness World Records sebagai gelombang terbesar yang pernah dijelajahi oleh peselancar.

Bagaimana gelombang besar terbentuk?

Banyaknya ombak besar yang tercatat dalam sejarah memberikan kesempatan bagi para peneliti untuk mengetahui apa penyebab terjadinya peristiwa tersebut. Beberapa faktor yang menyebabkan gelombang besar adalah:

Dimulai dengan badai

Terkadang gempa bumi dan tanah longsor dapat menimbulkan gelombang, namun biasanya gelombang disebabkan oleh angin.

Gelombang terbesar dan terkuat yang ditimbulkan oleh angin dihasilkan oleh badai kuat yang bertiup dalam jangka waktu lama di wilayah yang luas, dikutip dari How Stuff Work.

Ombak yang ditunggangi para peselancar berasal dari badai jauh di seberang lautan. Misalnya, gelombang selancar Gabeira di Nazaré kemungkinan besar disebabkan oleh badai di suatu tempat antara Greenland dan Newfoundland beberapa hari sebelumnya.

Baca juga: Langka, Ombak di Lautan California Berwarna Biru Neon

Kedalaman laut

Semakin mendekat ke pantai, dasar laut juga semakin dangkal.

Tetapi, di beberapa pantai terdapat perbedaan dasar laut yang signifikan atau adanya ngarai bawah laut, menyebabkan ombak yang datang akhirnya menjadi tidak stabil dan gelombang “pecah” saat puncaknya meluap ke arah pantai, menurut Scientific American.

Di pantai Nazaré, terdapat ngarai yang dikenal sebagai Ngarai Nazaré Canyon. Itu adalah ngarai bawah laut yang terletak di lepas pantai Nazaré, Portugal, di bagian timur Samudra Atlantik Utara.

Ngarai ini merupakan ngarai bawah laut terbesar di Eropa, dengan kedalaman mencapai sekitar 5.000 meter (16.404 kaki) dan panjang sekitar 230 kilometer (143 mil).

Hal tersebut yang menyebabkan pantai Nazaré memiliki ombak besar.

Baca juga: Peneliti Perkirakan Tinggi Ombak Pantai Naik 2 Kali Lipat Pada 2100

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com