Kupu-kupu Unik Ini Berasal dari Dua Spesies Berbeda, Kok Bisa?

Kompas.com - 21/04/2024, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Evolusi kerap dibayangkan sebagai sebuah pohon, dengan spesies individu sebagai daun pada cabang-cabangnya. Namun, terkadang, daun tersebut saling bertautan, sehingga dua spesies berbeda dapat menghasilkan keturunan yang disebut hibrida.

Hewan hibrida seringkali tidak subur, terutama jika terdapat perbedaan genetik yang signifikan antara spesies induknya. Namun, ada pengecualian. Terkadang, hibrida bisa subur, terutama jika spesies induknya serupa secara genetik.

Dalam sebuah studi baru, para peneliti menggambarkan contoh yang menarik, yakni kupu-kupu Heliconius. Kupu-kupu hibrida ini tidak hanya subur, tetapi juga menciptakan spesies baru.

Pada tumbuhan, spesiasi hibrida terdokumentasi dengan baik, sebagian besar disebabkan oleh penggandaan kromosom. Namun, pada hewan, kejadian seperti itu jarang terjadi dan kompleks, terutama jika jumlah kromosom tetap tidak berubah.

Kupu-kupu Heliconius, dengan kisah spesiasinya yang baru terungkap, memberikan narasi menarik tentang bagaimana hibridisasi dapat mendorong spesiasi pada hewan. Temuan ini mungkin mengubah cara ilmuwan memandang konsep suatu spesies.

Baca juga: Penglihatan Kupu-kupu Jadi Inspirasi Alat Pendeteksi Kanker, Kok Bisa?

Hibrida + hibrida = spesies baru

Peneliti Neil Rosser dan rekannya mengurutkan genom spesies Heliconius elevatus. Mereka menemukan bahwa spesies ini muncul setelah peristiwa hibridisasi sekitar 180.000 tahun yang lalu, antara dua spesies lain, yakni H. melpomene dan H. pardalinus.

Segala sesuatu tentang H. elevatus menunjukkan bahwa ia adalah spesies baru. Ia memiliki tanaman inang ulat yang berbeda, feromon yang berbeda, pola warna yang berbeda, bentuk sayap, dan cara terbang yang berbeda.

Hal yang lebih mengejutkan lagi, ketiga spesies tersebut kini hidup di wilayah yang luas di hutan hujan Amazon, dan mencakup relung ekologi yang berbeda-beda.

Meskipun kini terdapat bukti adanya hibridisasi antar spesies, yang sulit dipastikan adalah bahwa hibridisasi ini, dalam beberapa hal, terlibat dalam spesiasi.

Sebagaimana yang dikatakan, James Mallet, profesor biologi organisme dan evolusi di Harvard, "Bagaimana bisa menggabungkan dua spesies dan menghasilkan spesies ketiga dari keruntuhan tersebut?".