Kompas.com - 18/04/2024, 12:35 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Sumber Sci News

KOMPAS.com - Arabika menjadi salah satu spesies kopi terpopuler di dunia.

Namun pernahkah terpikir kira-kira dari mana ya jenis kopi tersebut berasal?

Baca juga: Apakah Kafein dalam Matcha Lebih Tinggi Dibandingkan Kopi?

Tim ilmuwan internasional pun berusaha mencari tahun sejarah kopi Arabika (Coffea arabica) tersebut dengan menggunakan informasi genom pada tanaman yang hidup saat ini.

Dari studi itu, peneliti juga ingin menentukan bagaimana varietas budidaya modern saling terkait satu sama lain.

Asal kopi Arbika

Mengutip Sci-News, Rabu (17/4/2024) dengan menggunakan teknologi pengurutan DNA mutakhir dan ilmu data canggih, peneliti kemudian mampu mengurutkan 39 varietas Arabika dan bahkan spesimen abad ke-18 yang digunakan oleh naturalis Swedia Carl Linnaeus untuk memberi nama spesies tersebut.

"Kami menggunakan pendekatan genomik yang canggih untuk menciptakan genom referensi Arabika yang paling lengkap dan berkesinambungan hingga saat ini," ungkap Victor Albert, peneliti dari Universitas Buffalo.

Hasil analisis menemukan bahwa spesies ini berkembang lebih dari 600.000 tahun yang lalu di hutan Ethiophia melalui perkawinan alami antara dua spesies kopi lainnya.

Dua spesies kopi yang dimaksud adalah Coffea eugenioides dan kopi Robusta (Coffea canephora).

Dengan kata lain, persilangan yang menghasilkan Arabika bukanlah sesuatu yang dilakukan manusia.

"Sangat jelas, bahwa peristiwa perkawinan ini terjadi sebelum manusia modern dan budidaya kopi," papar Albert.