Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2024, 18:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Beberapa dari kita terbiasa minum kopi di pagi hari. Bahkan, ada yang hanya sarapan dengan kopi dan tidak mengonsumsi makanan lain.

Namun, minum kopi saat perut kosong disebut dapat menimbulkan masalah pencernaan, seperti asam lambung naik, sehingga dapat menimbulkan gejala-gejala yang tidak nyaman. Benarkah demikian?

Minum kopi sebelum makan

Penelitian menunjukkan bahwa rasa pahit dari kopi dapat merangsang produksi asam lambung. Oleh sebab itu, banyak orang percaya bahwa kopi dapat mengiritasi perut, memperburuk gejala gangguan usus seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), dan menyebabkan mulas, mual, asam lambung naik, serta gangguan pencernaan lain.

Ada juga yang mengatakan bahwa meminum secangkir kopi saat perut kosong sangat berbahaya karena tidak ada makanan lain yang mencegah asam merusak lapisan perut.

Namun, belum ada penelitian yang menemukan hubungan yang kuat antara kopi dan masalah pencernaan, terlepas dari apakah kita meminumnya saat perut kosong atau terisi.

Baca juga: Apa Efek Minum Kopi Saat Sakit?

Beberapa orang memang sangat sensitif terhadap kopi sering mengalami mulas, muntah, atau gangguan pencernaan lain setelah meminumnya, namun frekuensi dan tingkat keparahan gejala tersebut tetap konstan, terlepas dari apakah mereka meminumnya saat perut kosong atau setelah makan.

Dengan demikian, tetap penting untuk memperhatikan bagaimana tubuh kita merespons kopi. Jika sering mengalami masalah pencernaan setelah minum kopi saat perut kosong tetapi tidak mengalaminya setelah makan, sebaiknya atur kembali waktu minum kopi Anda.

Selain itu, kopi juga mungkin memiliki beberapa efek samping negatif, terlepas dari apakah kita meminumnya saat perut kosong atau tidak.

Misalnya, kafein dapat membuat ketagihan dan genetika beberapa orang mungkin membuat mereka sangat sensitif terhadapnya.

Minum kopi dalam jumlah berlebihan jiga dapat menyebabkan kecemasan, kegelisahan, jantung berdebar, dan serangan panik yang memburuk. Bahkan, kopi dapat mengakibatkan sakit kepala, migrain, dan tekanan darah tinggi pada beberapa individu.

Baca juga: Apakah Kafein dalam Matcha Lebih Tinggi Dibandingkan Kopi?

Namun, ingat bahwa minum kopi saat perut kosong atau sebelum makan tampaknya tidak memengaruhi kekuatan atau frekuensi efek-efek tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com