Sejak Kapan Telur Ayam Digunakan Jadi Bahan Makanan?

Kompas.com - 13/04/2024, 12:30 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Telur ayam jadi salah satu bahan makanan yang paling umum dan sering digunakan oleh banyak orang.

Selain mudah didapat, rasanya yang enak dan kaya gizi jadi beberapa pertimbangan untuk mengonsumsinya.

Baca juga: Terawetkan dengan Baik, Telur Ayam dari Zaman Romawi Ini Masih Utuh

Tapi sebenarnya sejak kapan sih telur ayam mulai digunakan jadi bahan makanan oleh manusia?

Kini sebuah studi baru menemukan bukti yang menunjukkan dengan jelas asal mula kecintaan manusia terhadap telur ayam.

Peneliti mengungkap bahwa orang di Asia Tengah mulai beternak ayam modern untuk diambil telurnya sejak tahun 400 SM.

Pasokan telur yang dapat diandalkan menurut peneliti juga membantu unggas itu menjadi hewan yang banyak dicari di seluruh dunia purba.

Bukti penggunaan telur

Mengutip Gizmodo, Kamis (4/4/2024) ayam modern diketahui berasal dari keturunan ayam hutan merah, spesies burung liar yang masih hidup.

Namun telah lama terjadi perdebatan akademis yang sengit tentang kapan dan bagaimana ayam didomestikasi.

Tulang berongga yang rapuh dan cangkang telur burung yang rapuh secara umum cenderung tidak terawetkan dibandingkan bukti arkeologi lainnya.

Para ilmuwan terkadang juga salah mengidentifikasi sisa-sisa burung liar berukuran serupa seperti burung pegar atau angsa sebagai ayam.

Akan tetapi metode analisis genetik baru yang digunakan dalam studi anyar ini akhirnya dapat menyelesaikan beberapa pertanyaan lama tentang asal mula ayam.