Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/02/2024, 08:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika ada pertanyaan mengenai apa gunung tertinggi di dunia? Mayoritas dari kita akan menjawab Gunung Everest sebagai gunung paling tinggi.

Namun, apakah itu benar?

Baca juga: Planet yang Memiliki Gunung Tertinggi di Tata Surya

Gunung Everest bukan gunung tertinggi di dunia

Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia yang berada di atas permukaan laut.

Tingginya mencapai 8.849m mdpl, menjadikannya sebagai salah satu tanah dengan ketinggian tertinggi di Bumi.

Namun secara teknis, ternyata Everest bukanlah gunung tertinggi di dunia, jika kita memperhitungkan gunung-gunung yang terletak di bawah permukaan laut.

Apa gunung tertinggi di dunia?

Gunung tertinggi di dunia dari dasar hingga puncak saat ini adalah Mauna Kea, gunung berapi yang sudah lama tidak aktif berada di Hawaii, Amerika Serikat.

Gunung Mauna Kea memiliki tinggi sekitar 10.205 m (33.481 kaki), lebih tinggi dari Gunung Everest yang tingginya 8.849 m (29.032 kaki).

Sebagian badan gunung Mauna Kea berada di bawah air perairan Samudra Pasifik.

Gunung ini berada sekitar 6.000 meter di bawah laut, dengan ketinggian 4.205 meter di atas permukaan laut. Sehingga secara keseluruhan, Mauna Kea sekitar 1,4 km lebih tinggi dari Everest.

Mauna Kea merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif selama sekitar 4.500 tahun.

Berdasarkan pengukuran dari dasar hingga puncak, Gunung tertinggi kedua di dunia juga berada di Hawaii, Amerika Serikat. Mauna Loa, gunung berapi aktif dengan total ketinggian 9,17 km (5 km di bawah air). 

Baca juga: Gunung Ini Naik Pangkat Jadi Gunung Tertinggi di Inggris, Kok Bisa?

Terakhir kali Gunung Mauna Loa meletus adalah pada tanggal 27 November 2022. Letusan ini berlangsung selama 15 hari.

Letusan tersebut cukup besar, meskipun demikia, untungnya tidak ada ancaman terhadap penduduk di daerah tersebut.

Terbentuknya gunung 

Gunung-gunung tertinggi di atas kebanyakan sudah setinggi itu saat terbentuk.

Dilansir dari livescience.com, gunung terbentuk melalui berbagai aktivitas geologi yang berlangsung selama jutaan tahun. Beberapa cara utama gunung terbentuk adalah:

1. Tektonisme Lempeng

  • Konvergensi: Ketika terdapat dua lempeng tektonik bertabrakan, salah satu lempeng akan terdorong ke bawah lempeng lainnya dan terlipat ke atas. Hal ini menyebabkan terbentuknya pegunungan lipatan seperti Himalaya.
  • Divergensi: Ketika dua lempeng tektonik saling menjauh, magma dari mantel bumi dapat naik ke permukaan dan mendingin, membentuk gunung berapi seperti di Islandia.
  • Transform: Ketika dua lempeng tektonik saling bergeser, patahan dan retakan dapat terbentuk di kerak bumi. Patahan ini dapat terangkat dan membentuk pegunungan patahan seperti Pegunungan Sierra Nevada di California.

Baca juga: Aliran Magma Gunung Islandia Pecahkan Rekor Tercepat dalam Sejarah

2. Vulkanisme

Magma yang naik dari mantel bumi dapat membentuk gunung berapi. Ketika magma mencapai permukaan, itu mendapat mendingin dan mengeras, membentuk kerucut gunung berapi. Cara ini sama dengan tektonisme lempeng secara transform.

3. Erosi

Erosi oleh air, angin, dan gletser dapat menggerus batuan dan tanah di sekitar gunung, sehingga membuat gunung tampak lebih tinggi.

4. Gempa Bumi

Gempa bumi dapat menyebabkan tanah terangkat dan membentuk gunung.
Proses pembentukan gunung membutuhkan waktu yang sangat lama, dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti jenis batuan, iklim, dan aktivitas manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com