Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merapikan Ruang Pribadi Bantu Redakan Stres, Kok Bisa?

Kompas.com - 27/02/2024, 14:03 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah Anda membaca artikel ini di kamar, ruang tengah, atau dapur? Coba perhatikan sekitar. Apakah ruangan yang Anda tempati tertata dan terorganisir dengan baik?

Tahukah Anda, ruangan yang berantakan bisa mempengaruhi tingkat stres seseorang?

Baca juga: Dongkrak Produktivitas Kerja dengan Membereskan Meja Berantakan

Akibat gaya hidup berantakan

Beberapa penelitian mengemukakan bahwa gaya hidup berantakan atau disorganisasi dapat berdampak negatif terhadap cara kita memandang diri sendiri dan kehidupan yang kita jalani.

Bahkan gaya hidup berantakan dapat menyebabkan gangguan ingatan, kebiasaan makan yang buruk dan peningkatan hormon stres.

Menurut artikel yang terbit dalam Journal Judgment and Decision Making tahun 2008, disorganisasi dapat menyebabkan gangguan kecemasan kronis pada beberapa orang.

Studi yang sama juga menunjukkan bahwa kekacauan atau kondisi berantakan dapat menurunkan perasaan sejahtera, bahagia, dan keselamatan serta keamanan yang didapat seseorang saat berada di ruang pribadinya. 

Disorganisasi juga dapat menurunkan kemampuan seseorang untuk bisa fokus dan mengambil keputusan.

Hal tersebut didukung oleh penelitian lain yang terbit pada Journal of Environmental Psychology tahun 2016. Hasil riset tersebut menunjukkan bahwa bekerja di lingkungan yang tidak terorganisir dapat dengan cepat menimbulkan perasaan lelah.

Apakah menjadi rapi dan terorganisir adalah solusi stres?

Kebalikan dari akibat gaya hidup berantakan, menjalani gaya hidup rapi dan terorganisir terbukti dapat menurunkan tingkat stres seseorang, meningkatkan efisiensi individu dan juga meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga: Kamar Tidur Berantakan Memicu Depresi

Manfaat lain gaya hidup rapi adalah meningkatnya kualitas hubungan seseorang.

Penelitian lain juga menyatakan bahwa menjadi terorganisir dapat memperbaiki gejala yang berhubungan dengan kecemasan, meningkatkan kesehatan fisik, dan juga memperbaiki pola makan seseorang.

Bagaimana memulai hidup terorganisir?

Banyak orang menyadari dan menginginkan manfaat bagi kesehatan mental maupun fisik yang didapat dari menjadi lebih terorganisir, tetapi beberapa tidak tahu harus mulai dari mana.

Segala sesuatu dapat dimulai dari hal-hal kecil. Anda akan merasa kewalahan apabila berencana membersihkan rumah dalam sekali waktu, lakukan perlahan mulai dari ruangan pribadi misalnya kamar tidur dan diawali dengan satu atau dua laci, dilanjutkan dengan lemari dan seterusnya.

Pemilihan waktu yang tepat, seperti pagi hari saat weekend ketika terdapat waktu luang dapat menjadi opsi yang baik.

Agar kegiatan mengorganisir menjadi lebih menyenangkan, Anda dapat melakukan dengan tambahan backsound musik atau audio book sebagai penyemangat.

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres adalah dengan mengorganisir.

Menjadi terorganisir dapat mengurangi tingkat stres Anda karena dapat mengakhiri kekacauan di lingkungan sekitar dan memberikan kesan positif terhadap diri sendiri.

Baca juga: Meja Kerja Berantakan Memicu Kreativitas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com