Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 12/02/2024, 09:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan tidak hanya perihal mengurangi porsi makan. Memperbaiki gaya hidup secara keseluruhan juga penting untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat.

Perubahan gaya hidup ini termasuk melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat di pagi hari, seperti menyantap makanan tinggi protein, olahraga, dan lain-lain.

Jika dilakukan secara konsisten, kebiasaan tersebut tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Kebiasaan di pagi hari untuk menurunkan berat badan

Berikut adalah beberapa kebiasaan di pagi hari yang dapat menurunkan berat badan:

1. Olahraga sebelum sarapan

Lakukan olahraga ringan sebelum makan di pagi hari. Berolahraga dengan perut kosong dapat membantu mendapatkan hasil yang lebih baik. Sesi berkeringat sebelum sarapan dapat membantu kita membakar lebih banyak lemak tubuh untuk bahan bakar.

Baca juga: Apakah Alpukat Bisa Menurunkan Berat Badan?

2. Minum air putih

Satu atau dua gelas air sebelum sarapan dapat membantu menurunkan berat badan. Air tidak mengandung kalori, tetapi mengenyangkan dan mengekang nafsu makan, jadi kita mungkin tidak ingin sarapan terlalu banyak setelahnya.

Selain itu, air putih juga merangsang metabolisme untuk membantu tubuh membakar kalori.

3. Berjemur

Sedikit sinar matahari pada kulit sebenarnya dapat membantu membakar lebih banyak lemak tubuh. Penelitian menunjukkan, orang yang berjemur di pagi hari cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah, dibandingkan orang yang berjemur di sore hari.

4. Makan makanan tinggi protein

Apa yang dimaksn untuk sarapan dapat menentukan pola makan sepanjang hari. Menu sarapan akan menentukan apakah kita akan merasa kenyang sampai makan siang, atau apakah kita akan mengonsumsi camilan di antara waktu makan.

Mengonsumsi sarapan berprotein tinggi dapat membantu mengurangi nafsu makan dan membantu penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian terhadap 20 remaja putri, sarapan berprotein tinggi mengurangi nafsu makan lebih efektif dibandingkan sarapan berprotein normal.

Baca juga: Apakah Teh Bunga Telang Bisa Menurunkan Berat Badan?

Penelitian kecil lainnya menunjukkan bahwa sarapan berprotein tinggi dikaitkan dengan lebih sedikit penambahan lemak dan berkurangnya asupan harian serta rasa lapar, dibandingkan dengan sarapan berprotein normal

5. Timbang berat badan

Menimbulkan berat badan setiap pagi bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan meningkatkan pengendalian diri.

Beberapa penelitian mengaitkan menimbang berat badan setiap hari dengan penurunan berat badan yang lebih besar.

Misalnya, sebuah penelitian terhadap 47 orang menemukan bahwa mereka yang menimbang berat badan setiap hari mengalami penurunan berat badan sekitar 6 kg lebih banyak dalam waktu enam bulan dibandingkan mereka yang menimbang berat badannya lebih jarang.

Menimbang berat badan setiap pagi juga dapat membantu menumbuhkan kebiasaan dan perilaku sehat yang dapat mendorong penurunan berat badan.

Dalam sebuah penelitian besar, seringnya menimbang berat badan dikaitkan dengan peningkatan pengendalian diri. Selain itu, mereka yang jarang menimbang berat badannya cenderung melaporkan peningkatan asupan kalori dan penurunan disiplin diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com