Studi Baru Ungkap Khasiat Jus Tomat untuk Membunuh Bakteri Salmonella

Kompas.com - 01/02/2024, 16:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Tomat (Solanum lycopersicum), secara botani, adalah buah, namun umumnya dikonsumsi dan diolah seperti sayuran.

Tomat merupakan sumber vitamin C, potasium, folat, dan vitamin K yang baik. Satu buah tomat kecil (91 gram) menyediakan 16 kalori, 0,8 gram protein, 3,5 gram karbohidrat, dan 0,2 gram lemak.

Berkat profil nutrisinya ini, tomat dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Bahkan, sebuah studi baru menemukan bahwa tomat dapat membantu melawan infeksi bakteri di usus.

Studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Cornell University, Amerika Serikat, tersebut melaporkan khasiat tomat untuk membunuh bakteri dalam serangkaian penelitian percobaan sel.

Jus tomat bisa membunuh bakteri

Tim peneliti yang dipimpin oleh ahli mikrobiologi dari Cornell University, Jeongmin Song, melakukan studi yang fokus pada bakteri Salmonella, genus bakteri enterik yang menyerang usus dan sering menyebabkan keracunan makanan.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan?

Secara khusus, peneliti berfokus pada satu serotipe Salmonella tifoid, Salmonella enterica Typhi, yang hanya hidup pada manusia dan menyebabkan demam tifoid ketika masuk ke aliran darah dari usus dan menyebar ke seluruh tubuh.

Seperti patogen bawaan makanan lainnya, penanganan dan penyimpanan makanan yang tepat serta akses terhadap antibiotik dapat membantu seseorang menghindari keracunan makanan akibat Salmonella.

Namun, demam tifoid masih menjadi masalah kesehatan masyarakat yang kesulitan mendapat akses terhadap air bersih, sanitasi, atau vaksin tifoid. Penyakit ini menyebar dari orang ke orang melalui makanan dan air yang terkontaminasi.

Pada tahun 2016, wabah tifus yang resistan terhadap obat pertama kali melanda Pakistan, dan delapan tahun kemudian, para ahli penyakit menular masih khawatir penyakit ini akan memicu wabah regional atau global jika tidak dikendalikan.

Malnutrisi juga umum terjadi di Pakistan, dan negara-negara lain di Asia, Afrika, Amerika Latin, serta Karibia. Sebuah studi tahun 2023 di 64 negara menemukan, hampir separuh anak di bawah usia 2 tahun tidak mengonsumsi buah atau sayuran apa pun dalam makanannya.