Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Menakjubkan Jus Wortel untuk Kesehatan

Kompas.com - 01/02/2024, 11:05 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Wortel kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Sayuran berwarna oranye ini juga merupakan sumber antioksidan yang baik.

Antioksidan adalah nutrisi yang terkandung dalam makanan nabati. Antioksidan membantu tubuh menghilangkan radikal bebas, yakni molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel jika terlalu banyak menumpuk di dalam tubuh.

Selain itu, salah satu vitamin yang banyak terkandung dalam wortel adalah vitamin A. Asupan vitamin A yang cukup penting untuk mencegah rabun senja atau masalah penglihatan lainnya.

Manfaat jus wortel

Baik dikonsumsi dalam bentuk utuh, jus, atau menjadi campuran makanan, wortel menawarkan beberapa manfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat jus wortel untuk kesehatan yang sangat sayang jika dilewatkan:

Baca juga: Bukan Oranye, Dulu Wortel Berwarna Ungu dan Kuning

1. Meningkatkan kesehatan mata

Jus wortel mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Secara khusus, sebanyak 236 gram jus wortel mengandung lebih dari 250% dari nilai harian vitamin A, yang sebagian besarnya adalah karotenoid provitamin A seperti beta karoten.

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata. Beberapa penelitian mengaitkan asupan buah dan sayur yang mengandung provitamin A dengan penurunan risiko kebutaan dan penyakit mata terkait usia.

Terlebih lagi, jus wortel merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik, yakni dua karotenoid lain yang dapat melindungi mata dari cahaya yang merusak.

Asupan lutein dan zeaxanthin yang tinggi dapat menurunkan risiko masalah mata, seperti degenerasi makula terkait usia.

3. Meningkatkan kekebalan

Jus wortel dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Baik vitamin A dan C yang ditemukan dalam jus wortel bertindak sebagai antioksidan dan melindungi sel kekebalan dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca juga: Benarkah Wortel Bermanfaat untuk Penglihatan dan Kesehatan Mata?

Selain itu, jus wortel kaya akan sumber vitamin B6. Jus wortel menyediakan 30% dari nilai harian dalam porsi 1 cangkir (236 gram).

Vitamin B6 tidak hanya diperlukan untuk respons imun yang optimal, namun kekurangan vitamin B6 juga dikaitkan dengan melemahnya imunitas.

Dalam sebuah penelitian, kekurangan vitamin B6 pada orang dewasa dapat mengurangi produksi molekul pemberi sinyal yang dikenal sebagai interleukin 2, yang mengatur aktivitas sel kekebalan.

3. Memberikan efek antikanker

Penelitian tabung menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam jus wortel dapat melindungi dari penyakit kanker.

Secara khusus, poliasetilen, beta karoten, dan lutein dari ekstrak jus wortel mungkin efektif untuk melawan sel kanker pada manusia.

Baca juga: Apakah Makanan Kelinci Hanya Wortel?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com