Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Hanya untuk Mata, Ini 7 Manfaat dari Wortel

Kompas.com - 19/02/2022, 14:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comWortel adalah sayuran yang mudah didapatkan di Indonesia. Rasanya manis dan bisa diolah menjadi berbagai menu bergizi. Kebanyakan orang tahu manfaat dari wortel adalah untuk kesehatan mata. Padahal, manfaat wortel lebih banyak dari itu.

Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah manfaat dari wortel untuk kesehatan.

1. Menjaga kesehatan mata

Ini merupakan manfaat wortel yang paling banyak diketahui. Wortel ternyata bisa membantu seseorang melihat dengan baik dalam gelap.

Wortel mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A merupakan nutrisi penting untuk mencegah penyakit xerophtalmia. Xerophtalmia adalah penyakit yang menyebabkan penurunan fungsi mata dan menyebabkan seseorang sulit melihat pada kondisi cahaya yang redup.

Selain itu, wortel mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang bisa mencegah degenerasi makula, yaitu penyakit mata yang sering menyerang orang tua.

2. Mencegah kanker

Wortel kaya akan berbagai jenis antioksidan, terutama lutein dan zeaxanthin yang merupakan jenis dari karoten. Zat ini terbukti mampu menurunkan risiko kanker. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan konsumsi jus wortel mampu memperlambat progres kanker prostat, paru-paru, dan leukemia.

3. Menjaga kesehatan saluran cerna

Wortel kaya akan serat yang sehat untuk saluran pencernaan. Selain itu, berdasarkan penelitian tahun 2014, serat bersama antioksidan terbukti mampu menurunkan risiko terkena kanker usus.

Baca juga: 9 Makanan yang Mengandung Vitamin A, Tidak Hanya Wortel

4. Aman untuk pasien diabetes

Wortel memiliki rasa manis alami yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Indeks glikemik wortel sangat rendah karena wortel rendah kalori, berserat tinggi, dan rendah gula. Indeks tersebut terbukti aman dan tidak menyebabkan kenaikan gula darah pada pasien diabetes.

5. Mencegah tekanan darah tinggi

Wortel mengandung serat dan potasium yang bisa menjaga tekanan darah tetap stabil. Potasium dalam darah mampu melemaskan pembuluh darah sehingga mencegah tekanan darah meningkat. Ini akan bermanfaat untuk menjaga jantung Anda tetap sehat.

6. Meningkatkan imun tubuh

Salah satu kandungan nutrisi wortel adalah vitamin C. Vitamin C penting untuk memproduksi antibodi pada sistem imun tubuh. Selain itu, vitamin C juga membantu penyerapan zat besi untuk pencegahan infeksi.

7. Baik untuk tulang dan gigi

Wortel mengandung kalsium dan vitamin K. Kedua zat tersebut berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Oleh karena itu, mengonsumsi wortel secara rutin bisa memberi manfaat untuk menjaga kepadatan tulang..

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com