Kompas.com - 05/06/2021, 17:30 WIB

KOMPAS.comVitamin A adalah vitamin larut lemak yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan. Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, sistem imun, dan sistem reproduksi. Defisiensi vitamin A bisa memicu masalah kulit, rabun senja, hingga rentan terkena infeksi.

Dosis harian yang direkomendasikan untuk mencukup kebutuhan vitamin A adalah sebesar 900 mikrogram (mcg) untuk pria, 700 mcg untuk wanita, dan 300-600 mcg untuk anak-anak.

Vitamin A terdiri dari dua macam, yaitu preformed vitamin A dan provitamin A. Umumnya, preformed vitamin A didapatkan dari sumber hewani, sedangkan provitamin A banyak diperoleh dari sumber nabati.

Dilansir dari Health Line, berikut adalah daftar makanan yang mengandung vitamin A dan provitamin A.

Baca juga: Manfaat Vitamin A bagi Tubuh, Bisa Mengobati Jerawat

Hati sapi

Hati sapi adalah sumber vitamin A yang sangat tinggi. Dalam 100 gram hati sapi, terkandung 9.442 mcg vitamin A atau sekitar 1.049% kebutuhan harian.

Minyak ikan kod

Dalam satu sendok teh minyak ikan kod, terkandung 1.350 mcg vitamin A atau setara 150% kebutuhan harian.

Ikan salmon dan mackerel

Kedua ikan ini terkenal mengandung banyak sekali nutrisi baik untuk tubuh, salah satunya vitamin A. Ikan salmon dan mackerel masing-masing mengandung 17% dan 28% per 100 gramnya.

Mentega dan keju cheddar

Mentega adalah salah satu produk susu yang mengambil bagian kental dari susu. Satu sendok makan mentega mengandung vitamin A sebesar 97 mcg atau sekitar 11% kebutuhan harian.

Keju cheddar juga merupakan produk susu yang kaya akan vitamin A. Satu lembar keju cheddar mengandung 10% kebutuhan harian vitamin A atau setara dengan 92 mcg.

Telur

Dalam satu butir telur berukuran besar terkandung 74 mcg vitamin A atau sekitar 8% dari kebutuhan harian Anda.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.