Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2024, 12:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber AZ Animals

KOMPAS.com - Beberapa ikan dikenal sebagai ikan paling berbahaya di dunia karena racun mematikan yang dimilikinya.

Beberapa fungsi racun tersebut adalah untuk melindungi diri dari predator dan menjerat mangsa. Namun, racun dalam ikan juga bisa membahayakan manusia.

Ikan paling beracun di dunia

Berikut adalah beberapa ikan dengan racun paling mematikan di dunia.

1. Stonefish

Stonefish atau ikan batu adalah ikan mematikan yang hidup di perairan tropis, termasuk Samudera Hindia, Pasifik, Laut Merah, dan Great Barrier Reef. 

Stonefish memiliki kulit berkerak dan duri seperti silet yang mengandung racun. Racun stonefish dapat membunuh orang dewasa dalam waktu kurang dari satu jam. 

Baca juga: Mengapa Ikan Buntal Sangat Beracun?

Stonefish mengantarkan racun melalui duri yang sangat tajam di punggung mereka. Ini bertujuan agar mereka terlindungi saat berdiam di dasar laut. 

Uniknya, racun hanyalah mekanisme pertahanan bagi stonefish dan mereka tidak benar-benar menggunakannya untuk membunuh mangsa.

Sebaliknya, stonefish menyerang mangsa dengan rahangnya yang besar dan kuat dan menelan mangsanya secara utuh.

2. Lionfish

Lionfish atau ikan singa adalah ikan yang sangat beracun yang berasal dari Samudera Pasifik. Lionfish memiliki sirip runcing yang mengandung racun. 

Sengatan lionfish dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, muntah, dan kesulitan bernapas. Meski sengatan lionfish biasanya tidak berakibat fatal bagi orang dewasa, sengatan itu sangat berbahaya bagi anak-anak, orang tua, atau orang yang menderita alergi.

Baca juga: Apakah Ikan Terbang Benar-benar Bisa Terbang?

Utamanya, lionfish memangsa ikan kecil dan invertebrata. Lionfish selalu menyemburkan air ke arah mangsanya untuk membingungkan mereka sebelum menangkapnya. 

3. Ikan buntal

Ikan buntal merupakan ikan paling mematikan yang ditemukan di sebagian besar perairan tropis dan subtropis.

Tubuh ikan kecil ini dapat mengembang, menjadi seperti bola, saat terancam atau diganggu. Ikan buntal memiliki duri besar di kulitnya yang hanya terlihat saat mereka menggembung. 

Kebanyakan ikan buntal mengandung tetrodotoxin. Tetrodotoxin adalah racun yang 1.200 kali lebih mematikan daripada sianida. Racun ini terletak di hati, indung telur, dan usus ikan buntal, meski menyentuhnya pun berbahaya. 

Satu ekor ikan buntal mengandung cukup racun untuk membunuh 30 manusia dewasa.

Baca juga: Bagaimana Ikan Laut Dalam Bertahan Hidup di Bawah Tekanan Air?

4. Boxfish

Boxfish atau ikan kotak adalah ikan yang sangat mirip dengan ikan buntal. Ikan ini biasanya menghuni terumbu karang dan area berbatu di Samudra Hindia, Pasifik, dan Atlantik.

Boxfish dikenali dari tubuhnya yang berbentuk kotak dan terdapat pola sarang lebah di kulitnya. 

Boxfish memiliki mekanisme pertahanan yang luar biasa untuk mengusir predator. Mereka melepaskan racun yang disebut ostracitoxin melalui kulit mereka, yang bisa beracun bagi apa pun di sekitarnya. 

Racun ini bisa sangat berbahaya bagi manusia karena dapat menghancurkan sel darah merah. Selain itu, beberapa ikan boxfish juga mematikan jika dimakan mentah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com