Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/01/2024, 09:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Labu siam mengandung nutrisi yang beragam, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin C, vitamin B9, vitamin K, vitamin B6, dan mangan.

Di samping kepadatan nutrisinya labu siam juga rendah kalori, lemak, natrium, dan karbohidrat total sehingga sehat dan cocok untuk berbagai diet.

Manfaat labu siam untuk kesehatan 

Berikut adalah beberapa manfaat labu siam untuk kesehatan.

1. Meningkatkan kesehatan hati

Labu siam mungkin mengandung senyawa yang melindungi dari penumpukan lemak di hati, yang dapat menyebabkan penyakit hati berlemak.

Baca juga: Fakta Menarik Labu Kuning, Buah yang Identik dengan Halloween

2. Menjaga kesehatan jantung

Labu siam kaya akan antioksidan, termasuk myricetin, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi peradangan, dan melindungi dari radikal bebas untuk mengurangi risiko berkembangnya penyakit jantung.

3. Meningkatkan kontrol gula darah 

Labu siam relatif rendah karbohidrat dan relatif tinggi serat. Ini merupakan kombinasi nutrisi yang dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat.

4. Penuaan yang lebih sehat

Makan labu siam dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang signifikan. Dua proses tersebut memiliki efek berbahaya pada sel-sel tubuh

Labu siam bukan sayur 

Karena labu siam adalah sejenis labu, labu siam termasuk buah-buahan. Secara ilmiah, setiap yang dapat dimakan dan mengandung biji tanaman dianggap sebagai buah. 

Baca juga: Apakah Manfaat Mengonsumsi Labu Kuning untuk Kesehatan?

Karena labu siam mengandung biji besar di tengahnya, ia dianggap sebagai buah-buahan.

Secara teknis, banyak bahan pangan lain yang dianggap sayuran, termasuk labu, labu, dan tomat yang sebenarnya adalah buah-buahan juga. 

Meskipun bahan-bahan tersebut secara ilmiah diklasifikasikan sebagai buah, mereka kerap disebut sebagai sayuran karena rasa dan cara mengonsumsinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com