Kompas.com - 19/12/2023, 08:06 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Telur di dunia hewan memiliki berbagai bentuk dan ukuran, dari yang berwarna cerah, kecil, totol, atau berukuran besar.

Namun ada yang menarik, meski sebagian besar telur itu halus dan rapuh, telur dinosaurus mungkin memiliki perbedaan tersendiri.

Baca juga: Apa Warna Dinosaurus?

Penelitan menunjukkan bahwa telur dinosaurus awal memiliki tekstur kasar dan lebih mirip kain saat disentuh.

Tekstur telur dinosaurus

Mengutip IFL Science, Kamis (16/11/2023) kesimpulan ini didapat setelah peneliti melakukan analisis terhadap tiga kerangka dewasa dan lima telur yang mengandung embrio.

Kerangka dan telur yang ditemukan di Provinsi Guizhou, Tiongkok itu merupakan milik dari dinosaurus dewasa yang mewakili spesies baru sauropodomorph dari Jurassic Awal yang hidup sekitar 180 hingga 200 juta tahun yang lalu.

Sauropodomorph baru ini kemudian diberi nama Qianlong shouhu. "Qian" berarti wilayah tempat fosil dikumpulkan, sedangkan "long" berarti naga dan "shouhu" berarti penjaga dalam bahasa Cina.

Sementara melansir Sci-News, Qianlong shouhu juga termasuk dalam dinosaurus kelompok pemakan tumbuhan berleher panjang sekaligus hewan terbesar yang pernah berjalan di Bumi.

Mahluk purba itu memiliki panjang sekitar 6 meter dan berat sekitar 1 ton.

Kerangka ini juga tidak biasa karena memiliki ciri-ciri yang biasanya tidak terlihat pada sauropodomorph dari Jurassic awal lainnya. Ciri terpenting dari ciri-ciri ini adalah telurnya yang besar dan kasar.

Dan dalam studinya, peneliti menemukan perbandingan ketebalan lapisan cangkang telur pada Qianlong shouhu.