Bagaimana Gajah Bisa Memiliki Belalai seperti Sekarang?

Kompas.com - 13/12/2023, 08:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Gajah memiliki belalai menakjubkan yang kuat, cekatan, dan fleksibel.

Namun pernakah bertanya-tanya bagaimana gajah bisa memiliki dan mengembangkan belalai mereka seperti sekarang?

Baca juga: Studi: Belalai Gajah Termasuk Bagian Tubuh Hewan Paling Sensitif

Kini, ilmuwan akhirnya menemukan jawaban dari pertanyaan itu.

Evolusi belalai gajah

Mengutip Live Science, Kamis (7/12/2023) belalai gajah merupakan keajaiban biologi evolusioner.

Belalai gajah panjangnya bisa lebih dari 2 meter dan memiliki lebih dari 40.000 otot dan serabut saraf.

Bagian tubuh gajah ini mampu mengangkat beban lebih dari 270 kilogram tetapi dapat dengan hati-hati mengangkat satu kacang tanah.

Kendati demikian, evolusi belalai ini yang telah lama membingungkan para ilmuwan.

Pasalnya memahami evolusi belalai gajah selalu menjadi tantangan karena jaringan lunak belalai, seperti otot dan kulit, tidak mengalami fosilisasi dengan baik.

Hal ini menyulitkan para ilmuwan untuk menemukan bukti langsung bentuk awal belalai gajah dalam catatan fosil.

Hingga akhirnya studi pracetak baru yang dipublikasikan pada 28 November di jurnal eLife mengungkapkan misteri ini.

Peneliti menyebut bahwa perubahan yang didorong oleh iklim mungkin dapat menjelaskan sebagian bagaimana gajah bisa memiliki belalai seperti sekarang ini.