Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2023, 20:00 WIB
Sarah Adhira Rahmah,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asam folat merupakan salah satu zat gizi yang tergolong dalam vitamin B. Asam folat umum diketahui manfaatnya untuk perkembangan janin dan penting bagi ibu hamil.

Saat ini, konsumsi asam folat semakin mudah didapatkan dengan adanya suplemen asam folat. Namun, tidak jarang ditemukan suplemen yang hanya berlabel folat, bukan asam folat.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Mengonsumsi Asam Folat?

Lantas, apakah keduanya adalah zat yang sama atau berbeda?

Dilansir dari Atli Arnarson dalam Healthline, Kamis (2/2/2023), asam folat dan folat adalah zat yang sama-sama tergolong sebagai vitamin B9. Namanya yang mirip membuat folat dan asam folat sering tertukar. Namun, sejatinya kedua zat ini berbeda.

Folat, bentuk alami vitamin B9

Folat adalah bentuk alami dari vitamin B9. Nama folat diambil dari kata “folium” dalam bahasa latin yang berarti daun. Hal ini sesuai dengan fakta bahwa sayuran berdaun adalah salah satu sumber asupan folat terbaik.

Nama folat diberikan secara umum pada seluruh senyawa yang memiliki fungsi yang sama sebagai vitamin B9.

Hal serupa juga disebutkan dalam laman Centers for Disease Control and prevention (CDC) Amerika Serikat. Folat merupakan istilah untuk berbagai senyawa yang berfungsi sebagai vitamin B9, seperti dihidrofolat (DHF), tetrahidrofolat (THF), 5, 10-metilentetrahidrofolat (5,10-MTHF), 5-metiltetrahidrofolat (5-MTHF), dan termasuk asam folat.

Dalam laman Healthline yang sama, Arnarson menyebutkan bahwa umumnya berbagai senyawa folat yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi 5-metiltetrahidrofolat di sistem pencernaan sebelum diserap ke peredaran darah.

Baca juga: Efek Samping Terlalu Banyak Asam Folat bagi Tubuh

Asam folat sebagai bentuk sintetis

Sementara itu, asam folat adalah vitamin B9 yang disintesis ataud dibuat dengan sengaja. Nama lain asam folat adalah asam pteroilmonoglutamat. Asam folat biasanya dikonsumsi dalam bentuk suplemen buatan ataupun ditambahkan ke dalam makanan.

CDC menyebutkan juga bahwa asam folat umumnya dipilih sebagai zat tambahan folat daripada bentuk folat lainnya karena molekul asam folat lebih tahan panas sehingga dapat ditambahkan ke dalam makanan yang diproses dengan kompleks.

Kendati demikian, Arnarson menyampaikan, hal yang berbeda terjadi pada molekul asam folat yang masuk ke dalam tubuh.

Seringnya, asam folat tidak diubah menjadi 5-MTHF dalam sistem pencernaan sehingga umum ditemukan adanya penumpukan asam folat yang tidak termetabolisme di peredaran darah.

Beberapa studi menunjukkan adanya potensi peningkatan risiko kanker, meskipun hal ini masih menjadi pro dan kontra para ahli.

Baca juga: Penyebab dan Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Folat

Manfaat folat dan asam folat

Terlepas dari pro dan kontra efek samping asam folat sebagai bentuk sintetis folat, kedua zat ini sebagai vitamin B9 dibutuhkan untuk menjaga kesehatan.

Mengutip Healthline, Selasa (28/11/2023), di antara manfaat vitamin B9 bagi kesehatan adalah meningkatkan kesuburan organ reproduksi, mencegah cacat lahir dan komplikasi kehamilan, menjaga kesehatan otak dan mental, serta mengurangi risiko faktor sakit jantung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com